Perancangan Kebijakan Persediaan Bahan Baku dengan Menggunakan Metode EOQ Multi-Item dan Lagrange Multiplier Untuk Meminimasi Biaya Persediaan Bahan Baku di PT XYZ

Penulis

  • Tirta Candra Paripurna Telkom University
  • Nova Indah Saragih Telkom University
  • Erlangga Bayu Setyawan Telkom University

Abstrak

Abstrak-PT XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi alat kesehatan. Pada PT XYZ memiliki produk sharp box container atau tempat sampah medis tajam bagi Rumah Sakit dan pusat layanan Kesehatan lainnya. PT XYZ mengalami kendala pada persediaan seperti overstock yang disebabkan karena tidak memiliki ketetapan jumlah lot pemesanan pada pemesanan ulang. Hal ini dapat menyebabkan total biaya persediaan yang tinggi. Belum adanya kebijakan persediaan yang tetap menyebabkan pemesanan bahan baku yang berlebih. Selain itu, perusahaan terdapat kendala seperti keterbatasan biaya persediaan dan kapasitas gudang. Maka, perusahaan harus mengoptimalkan jumlah lot pemesanan agar meminimalkan biaya persediaan. Dalam mengatasi permasalah ini, dilakukan perancangan kebijakan persediaan bahan baku menggunakan model sistem persediaan multi-item seperti EOQ dan Lagrange Multiplier untuk menentukan pemesanan yang optimal dengan adanya keterbatasan biaya persediaan dan kapasitas gudang. Sehingga dari hasil rancangan didapatkan pemesanan optimal menggunakan metode EOQ Multi-Item adalah sebanyak 359 unit untuk outer, dengan total biaya persediaan yang didapatkan turun dari total biaya persediaan eksisting sebesar 81% dengan total biaya sebesar Rp 14.828.571. Sedangkan metode Lagrange Multiplier adalah sebanyak 404 unit untuk outer, dengan total biaya persediaan yang didapatkan turun dari total biaya persediaan eksisting sebesar 82% dengan total biaya sebesar Rp 13.929.416.

Kata kunci- multi-item, EOQ, lagrange multiplier, overstock, meminimasi biaya persediaan

Referensi

Bahagia, S. N. (2006). Sistem Inventori. Bandung: ITB.

Chopra, S. &. (2016). Supply Chain Management Strategy, Planning and Operation (Fourth ed.). United States: Pearson.

Heizer, J. d. (2015). Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan, Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti, F. (1998). Manajemen Persediaan: Aplikasi di Bidang Bisnis. Jakarta: PT Raja Graindo Persada.

Ristono, A. (2008). Manajemen Persediaan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rambitan, B. F. dan Sumarauw, J. S. B. dan Jan, A. H. (2018), Analisis Penerapan Manajemen Persediaan Pada CV. Indospice Manado, Jurnal EMBA, Vol. 6 No. 3, pp. 1448-1457.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-26

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri