Perancangan Kebijakan Persediaan Obat Pasien Rawat Inap Guna Meminimasi Overstock pada Lini Farmasi Rumah Sakit Ibu dan Anak dengan Pendekatan ABC-VED Menggunakan Metode Probabilistic Continuous Review System & Probabilistic Periodic System

Penulis

  • Bella Kharisma Aprilia Telkom University
  • Muhammad Nashir Ardiansyah Telkom University
  • Mohammad Deni Akbar Telkom University

Abstrak

Abstrak-Farmasi berperan penting dalam menyelesaikan masalah obat dan peralatan kesehatan. Untuk itu dalam pengelolaannya harus tepat mulai dari pengadaan, penerimaan, penyimpanan hingga pendistribusian kepada pasien agar seluruh kebutuhan pasien dapat terpenuhi. Lini farmasi RSIA menangani kebutuhan obat untuk pasien rawat inap. Dalam pengelolaan obat masih belum dilakukan secara optimal karena tidak ada perhitungan yang baku. Adanya gap antara jumlah persediaan dengan permintaan yang cukup tinggi dapat menyebabkan overstock dan tingginya biaya persediaan. Dari permasalahan yang ada kemudian akan diberikan kebijakan persediaan obat usulan dengan mengambil 123 sampel obat yang ditangai. Dilakukan pengklasifikasian obat dengan menggunakan pendekatan ABC-VED untuk menentukan tingkat prioritas penangan obat setelah itu akan dicari kebijakan usulan dengan menggunakan metode periodic review (R,s,S) dan continuous review (s,S). Dari hasil kebijakan usulan menghasilkan dua prioritas penanganan obat dan hasil kebijakan usulan mampu meminimasi ongkos persediaan tahunan hingga 50%.

Kata Kunci-ABC-VED, obat, overstock, probabilistic continuous review, probabilistic periodic review, uji distribusi.

Referensi

E. Herjanto, Manajemen Operasi, Jakarta, 2008.

A. Nurwildani, "Evaluasi Perencanaan Obat Menggunakan Metode Kombinasi ABC-VEN di RSD Dr. Soebandi Jember," 2018.

S. N. Bahagia, Sistem Inventory, Bandung: ITB, 2006.

M. B. Alexandri, Manajemen Keuangan Bisnis: Teori dan Soal, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2009.

J. Heizer and B. Render, Manajemen Operasi, Jakarta: Salemba empat, 2010.

S. Assauri, Manajemen Produksi dan Operasi, Jakarta, 2004.

S. Chopra and P. Meindl, Supply Chain Management : Strategy, Planning, and Operation, Precentice Hall, 2014.

J. P. Quick, R. O. Laing, R. W. O'Cornor and J. R. Rankin, Managing Drug Supply, The Selection, Procuremenet, Distribution and Use of Pharmaceutical, USA:Kumarin Press: Conecticus, 2012.

M. Devnani, A. Gupta and R. Nigah, "ABC and VED Analysis of the Pharmacy Store of a Tertiary Care Teaching, Research and Referral Healthcare Institute of India," J Young Pham, 2010.

E. A. P. D. F. Silver and D. J. Thomas, Inventory and Production Management in Supply Chains, Boca Raton: CRC Press, 2017.

S. Mulyono, Riset Operasi, 2004.

E. A. P. D. F. Silver and D. J. Thomas, "Inventory and Production Management in Supply Chains," 4th ed., Boca Raton, CRC Press, 2017.

I. L. Manik, "Pengendalian Persediaan Obat dengan Analisis ABC dan VEN di Rumah Sakit Umum Daerah Porsea," Talenta Conference Series : Energy & Engineering , vol. 2, no. 3, 2019.

M. Devnani , A. Gupta and R. Nigah, "ABC and VED Analysis of the Pharmacy Store of a Tertiary Care Teaching, Research and Referral Healthcare Institute of India," J Young Pham, vol. 2, 2010.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-26

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri