Perancangan Konten E-Learning untuk Kegiatan Pelatihan Karyawan Baru pada Ghaisaniyara Wedding dengan Menggunakan Metode SECI dan SAM

Penulis

  • Aranissa Mentari Darmawan Telkom University
  • Amelia Kurniawati Telkom University
  • Rayinda Pramuditya Telkom University

Abstrak

Abstrak—Persaingan bisnis adalah suatu hal yang tidak dapat dihindari oleh setiap perusahaan. Salah satu cara untuk beradaptasi pada persaingan bisnis adalah dengan menjadikan perusahaan tersebut menjadi learning organization. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan memiliki manajemen pengetahuan yang baik. Salah satu bisnis yang tidak luput dari persaingan adalah wedding organizer, Ghaisaniyara Wedding adalah salah satunya. Pada kenyataannya, karyawan yang dimiliki Ghaisaniyara Wedding tidak sebanding dengan permintaan yang datang. Maka dari itu Ghaisaniyara Wedding harus melakukan perekrutan karyawan baru. Dengan adanya karyawan baru, dibutuhkan waktu untuk beradaptasi dan mendapatkan pengetahuan yang cukup mengenai jobdesk nya. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat mendokumentasikan pengetahuan yang dibutuhkan oleh karyawan baru. Dalam hal tersebut dapat dibuat dengan menggunakan konten e-learning. Tugas Akhir ini bertujuan untuk membuat konten e-learning berdasarkan dari tacit knowledge karyawan senior Ghaisaniyara Wedding dalam melakukan jobdesk nya. Pada Tugas Akhir ini digunakan metode SECI untuk mengkonversi tacit knowledge dari karyawan senior menjadi sebuah best practice. Metode SAM digunakan untuk mengembangkan knowledge tersebut menjadi konten e-learning. Pada hasil akhir dari Tugas Akhir ini terdapat konten e-learning dari pengerjaan jobdesk karyawan wedding planner Ghaisaniyara Wedding. Konten e-learning ini kemudian dapat dijadikan acuan bagi karyawan baru Ghaisaniyara Wedding untuk melakukan jobdesk nya.
Kata kunci—e-learning, learning organization, SAM, dan SECI

Referensi

S. Kosasi, “Perancangan E-learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Guru dan Siswa,” J. Inform., no. 0362, p. 27213, 2015, doi: 10.1007/s10619-011-7079-6.

H. Barton, E. Akosua, and A. A. Yeboah, “Adopting Successive Approximation Model For The Development Of Locally-Made Interventionary Manipulatives For The Teaching Ang Learning Of Mathematics In Basic Education Context : The Case Of Akrom M / A And Knust Primary Schools,” Arts Des. Stud., vol. 43, no. 2000, pp. 1–22, 2016.

M. Sam and Y. R. Kim, “Advanced Instructional Design for Successive E- Learning : Based on the Successive Approximation Advanced Instructional Design for Successive E-learning: Based on the Successive Approximation Model ( SAM ),” no. March, 2019.

I. Journal and S. Engineering, “Volume 1 No 1 – 2015 Lppm3.bsi.ac.id/jurnal IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering,” vol. 1, no. 1, pp. 36–41, 2015.

M. I. Basori, “Pengaruh Learning Organization Terhadap Kinerja Organisasi Dengan Budaya Organisasi Sebagai Variabel Moderasi Pada Perpustakaan Universitas Airlangga,” Progr. Stud. Ilmu Inf. dan Perpustakaan, Fak. Ilmu Sos. dan Ilmu Polit. Univ. Airlangga Surabaya, 2017.

M. Susanti, “UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR,” pp. 1–15, 2016.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-26

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri