Perancangan Model Bisnis UMKM Warung Kopi Nikung Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas dan Analisis SWOT

Penulis

  • Muhammad Jacka Aulia Telkom University
  • Budi Praptono Telkom University
  • Rio Aurachman Telkom University

Abstrak

Abstrak-Meningkatnya jumlah pesaing yang membuka usaha sejenis yang membuat persaingan menjadi semakin ketat, kedua dikarenakan adanya Pemberlakukan pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hal tersebut dapat berpengaruh pada tingkat berkunjungnya pelanggan ke Warung Kopi Nikung , Business Model Canvas dipertimbangkan sebagai model yang paling lengkap pada teori model bisnis yang menempatkan secara detail mengenai hubungan antara keseluruhan komponen internal dan eksternal organisasi, model bisnis Warung Kopi Nikung mengalami penurunan penjualan, setelah dianalisa dengan Business Model Canvas (BMC), didapatkan perubahan model bisnis baru untuk meningkatkan Revenue Stream dan 6 blok yang mengalamai permasalahan.skor dari masing-masing sub-variabel dari strength dan weakness didapatkan nilai sebesar 3,58. Pada sub-variabel lainnya yaitu opportunities dan threat didapatkan hasil skor perhitungan masing-masing 3,25 dan 3,43 dari hasil tersebut didapatkan skor untuk sub-variabel opportunites dan threat adalah sebesar -0,18. Model bisnis baru tersebut adalah program digitalisasi atau mengembangkan dan memanfaatkan teknologi digital tepatnya pada Online Food Delivery. metode Business Model Canvas (BMC) menghasilkan model bisnis baru yaitu memaksimalkan teknologi digital tepatnya pada Online Food Delivery. analisis SWOT didapatkan strategi yang mengandalkan kekuatan dan peluang yang didukung dengan pertumbuhan cepat dan stabil sehingga Warung Kopi Nikung dapat melakukan pertumbuhan penjualan serta meningkatkan komunikasi dengan customer.

Kata Kunci-strategi pemasaran, BMC, model bisnis, SWOT, warung kopi nikung.

Referensi

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran : Analisis Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Edisi Milenium. PT. Prenhalindo, Jakarta.

Osterwalder, Alexander dan Yves Pigneur. (2010). Business Model Generation. John Willey & Sons, Hoboken – NJ

Rangkuti, Freddy. (2014). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Osterwalder, A., & Yves, P. (2012). Business Model Generation. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

David, Fred R. (2009). Managemen Strategis Konsep. Jakarta : Salemba Empat.

Pearce John A., dan Robinson Richard B. (2011). Strategic Management. Boston: Mc Graw-Hill

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business model generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers (Vol. 1). John Wiley & Sons.

Prihastho, P., & Azis, E. (2017). Analisis Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas (studi Kasus Pada Aikori Natural Leather Bag Pada Tahun 2016). eProceedings of Management, 4(3).

Lubis, Z., Mauladi, K. F., & Irawan, M. R. N. (2020). Penentuan Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Eksistensi Dan Mengadapi Persaingan (Studi Kasus Pada Gemilang Art Glass Di Modo). Media Mahardhika, 19(1), 59-70.

Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT: Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fritscher, B., & Pigneur, Y. (2014, July). Visualizing business model evolution with the business model canvas: Concept and tool. In 2014 IEEE 16th Conference on Business Informatics (Vol. 1, pp. 151-158). IEEE.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Herawati, H., & Mulyani, D. (2016). Pengaruh Kualitas Bahan Baku Dan Proses Produksi Terhadap Kualitas Produk Pada Ud. Tahu Rosydi Puspan Maron Probolinggo. UNEJ e-Proceeding, 463-482.

Osterwalder, A., Pigneur, Y., Bernarda, G., & Smith, A. (2014). Value proposition design: How to create products and services customers want (Vol. 2). John Wiley & Sons.

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business model generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers (Vol. 1). John Wiley & Sons.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-26

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri