Perancangan Jadwal pada Proyek Pendampingan RS ABC Menuju BLUD di PT XYZ dengan Menggunakan Metode Critical Path Method (CPM)

Penulis

  • Dhea Nur Shafira Telkom University
  • Wawan Tripiawan Telkom University
  • Sandhy Widyasthana Telkom University

Abstrak

Abstrak-Dimasa pandemi seperti saat ini, sarana kesehatan berkembang cukup pesat. Hal ini dapat dilihat dari rumah sakit yang berupaya untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan. RS ABC ingin memberikan pelayanan yang bermutu, tepat sasaran, lebih akuntabel, dan memiliki daya saing dalam bidang kesehatan, upaya yang dapat dilakukan salah satunya yaitu dengan menerapkan BLUD. Untuk merealisasikan hal tersebut, RS ABC menunjuk PT XYZ selaku mitra yang telah memiliki banyak pengalaman di bidang pelayanan kesehatan untuk membantu pendampingan RS ABC menuju BLUD. Proyek pendamingan RS ABC menuju BLUD awalnya dijadwalkan akan mulai akhir Mei 2022 dan berakhir bulan Agustus 2022, namun pada kenyataannya proyek ini baru akan dijalankan pada bulan September 2022. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak PT XYZ, faktor utama penyebab keterlambatan proyek adalah penjadwalan yang kurang terperinci. Jika permasalahan ini tidak segera ditangani akan berdampak buruk terhadap citra perusahaan. Oleh sebab itu, proyek pendampingan RS ABC menuju BLUD memerlukan sebuah rancangan penjadwalan yang baik. Dalam perancangan penjadwalan ini metode yang akan digunakan yaitu Critical Path Method (CPM). Perancangan penjadwalan ini akan menghasilkan output berupa gantt chart, network diagram, kurva progress proyek, hasil perhitungan menggunakan Critical Path Method serta aktivitas kritis pada proyek.
Kata kunci-proyek, BLUD, critical path method, penjadwalan.

Referensi

C. M. Annur, “Berapa Jumlah Sarana Kesehatan Di Indonesia,” Mar 07, 2022.

M. K. Selano, Y. H. Kurniawan, dan P. Sambodo, “Hubungan Lama Kerja Perawat Dengan Kepatuhan Pengisian Surgical Safety Checklist di Instalasi Bedah Sentral,” Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, vol. 2, no. 1, hlm. 16, Mei 2019, doi: 10.32584/jkmk.v2i1.267.

C. Liawan, “Analisis Penggunaan dana Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Pada Rumah Sakit Umum Daerah Sele Be Solu Kota Sorong,” Jurnal Pitis AKP, vol. 3, hlm. 1–2, Jul 2018.

D. J. P. Direktorat Pembinaan Pengelolaan Keuangan BLU, “BLU,” Jun 18, 2022.

Project Management Institute, A Guide to the Project Management Body of Knowledge - Sixth Edition, vol. 6. Pennsylvania: Project Management Institute, Inc, 2017.

H. A. Taha, Operations Research An Introduction Tenth Edition, Tenth. Harlow: Pearson, 2017.

J. Heizer, B. Render, dan C. Munson, Principles of Operations Management, Tenth. Harlow: Pearson, 2017.

R. Mulcahy, PMP Exam Prep Ninth Edition, Ninth. Minnetonka: RMC Publications, 2018.

M. Widyastuti, E. Irawan, dan A. P. Windarto, “Penerapan Metode Gantt Chart dalam Menentukan Penjadwalan Kinerja Karyawan,” Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), Sep 2019.

M. Fauza dan N. Kartika, “Analisis Pengendalian Proyek Menggunakan Kurva-S dan Metode Earned Value pada Proyek Pembangunan Trotoar di Ruas Jalan Cisaat Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi,” vol. 10 No 1 Juni 2020, hlm. 39–39, 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-26

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri