Perancangan Penjadwalan Preventive Maintenance untuk Mesin Tenun Guna Meminimasi Defect pada Produksi Sarung Tenun di CV XYZ dengan pendekatan DMAI

Penulis

  • Nadya Almira Amroh Telkom University
  • Marina Yustiana Lubis Telkom University
  • Yunita Nugrahaini Telkom University

Abstrak

Abstrak-CV XYZ adalah perusahaan yang bergerak di industri tekstil yang memproduksi sarung tenun. Pada data produksi sarung tenun periode Januari 2020 hingga April 2021 diketahui pada proses tenun terdapat jenis cacat permukaan sarung tenun berkerut sebanyak 280 pcs produk. Jumlah tersebut merupakan jumlah tertinggi dibandingkan proses lainnnya. Cacat tersebut dapat terjadi akibat tidak terpenuhinya CTQ proses pada setiap tahapan proses pada masing-masing proses yang ada. Untuk menyelesaikan masalah tersebut digunakan metode DMAI yang terdiri dari define, measure, analyze, dan improve. Usulan perancangan yang dibuat adalah penjadwalan preventive maintenance untuk mesin tenun guna meminimasi cacat yang terjadi pada proses tenun. Perancangan penjadwalan preventive maintenance untuk mesin tenun dilakukan dengan perhitungan nilai Mean Time to Failure (MTTF) dan nilai Mean Time to Repair (MTTR). Diketahui bahwa pelaksanaan preventive maintenance harus dilakukan sebelum 17,29 hari dari kerusakan terakhir dan preventive maintenance dilakukan selama 3,10 jam. Hasil rancangan tersebut diharapkan dapat menurunkan jumlah cacat pada proses tenun sebesar 75% dari jumlah cacat pada proses tenun dan secara keseluruhan proses produksi mampu menurunkan jumlah cacat dari 616 pcs produk menjadi 406 pcs produk. Dengan menurunnya jumlah cacat, nilai sigma juga akan meningkat dimana sebelumnya bernilai 3,985 sigma dan diharapkan akan meningkat menjadi 4,094 sigma.
Kata Kunci-sarung tenun, DMAI, proses tenun, CTQ, preventive maintenance

Referensi

D. C. Montgomery, Introduction to Statistical Quality Control, Arizona: John Wiley & Sons, Inc., 2013, pp. 4-5.

A. Mitra, Fundamentals of Quality Control, Auburn: Jhon Wiley & Sons, Inc., 2021.

J. Antony, Lean Six SIgma for Small and Medium Sized Entreprises: A Paractical Guide, New York: CRC Press, 2015.

Taufik and S. Septyani, "Penentuan Interval Waktu Perawatan Komponen Kritis pada Mesin Turbin di PT PLN (Persero) Sektor Pembangkit Ombilin," Jurnal Optimasi Sistem Industri, Vol. 14, No. 2, pp. 238-258, 2015.

S. D. Pandi, H. Santo and J. Mulyono, "Perancangan Preventive Maintenance pada Mesin dan Mesin Flexo di PT. Surindo Teguh Gemilang," Jurnal Ilmiah Widya Teknik, Vol. 13, No. 1, pp. 34-38, 2014.

Y. Praharsi, I. K. Sriwana and D. M. Sari, "Perancangan Penjadwalan Preventive Maintenance pada PT Artha Prima Sukses Makmur," JITI, vol. 14, no. 1, pp. 59-65, 2015.

A. D. Susanto and H. H. Azwir, "Perencanaan Perawatan pada Unit Kompresor Tipe Screw Dengan Metode RCM di Industri Otomotif," Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 17(1), pp. 21-35, 2018.

F. A. Wiguna and E. P. Permana, "Dinamika Industri Tenun Ikat ATBM Bandar Kidul Kediri Jawa Timur," Efektor, Vol. 6, Issue 2, pp. 120-126, 2019.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri