Perancangan Perbaikan Program Tell to Tell Radio K-Lite dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment

Authors

  • Muhamad Daffa Amanullah Telkom University
  • Yati Rohayati Telkom University
  • Boby Hera Sagita Telkom University

Abstract

Abstrak-Radio K-Lite memiliki salah satu program siaran yang berada pada prime time yaitu Program ‘Tell to Tell’. Program ‘Tell to Tell’ merupakan program request lagu yang disiarkan senin – jumat pukul 13.00 – 15.00 . Sumber utama pendapatan radio berasal dari pengiklan, namun sejak tahun 2018 hingga 2020 pendapatan terus mengalami penurunan dan tidak pernah mencapai target. Hal tersebut disebabkan oleh menurunnya ketertarikan pengiklan dalam memasang iklan pada radio.Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kelemahan yang dimiliki oleh Program ‘Tell to Tell’ sehingga didapatkan rekomendasi perbaikan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) dengan melalui dua iterasi yaitu, iterasi pertama (House of Quality) yang bertujuan untuk menerjemahkan kebutuhan pendengar ke dalam karakteristik teknis dengan mempertimbangkan kemampuan perusahaan, dan iterasi kedua (Part Deployment) yang bertujuan untuk menentukan critical part yang diprioritaskan. Perbaikan terhadap kualitas Program ‘Tell to Tell’ didasarkan pada 8 true customer needs yang diperoleh dari pendengar program dan pada QFD iterasi pertama dihasilkan output berupa 8 karakteristik teknis yang diprioritaskan untuk dikembangkan pada iterasi berikutnya. Kemudian, pada QFD iterasi kedua output yang dihasilkan dari hasil yang dikembangkan pada tahap sebelumnya yaitu berupa 5 critical part yang diprioritaskan.

Kata kunci-perbaikan program, quality function deployment, true customer needs, siaran program radio

References

Akao, Y. (2014). The Method for Motivation by Quality Function Deployment (QFD). Nang Yan Business Journal. https://doi.org/10.2478/nybj-2014-0001

Ulrich, K. T., & Eppinger, S. D. (2015). Product Design and Development: Sixth Edition. In McGraw-Hill.

Mazur, Glenn, H. (2012). Using Quality Function Deployment to Write an ISO Standard for QFD, Quality Engineering, 24:3.

Cohen. (1995). Quality Fuction Deployment: How to Make QFD Work for You. Addison Wesley Publishing Co., Massachusetts.

Kembaren (2022). Perancangan Atribut Kebutuhan Pendengar pada Program Tell to Tell Radio K-Lite FM dengan Menggunakan Integrasi Service Quality dan Model Kano.

Downloads

Published

2023-06-27

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Industri