Perancangan Proses Bisnis untuk Standard Operating Procedure dan Pemasaran Digital pada Jasa Baraya Travel Menggunakan Metode SECI

Penulis

  • Muhammad Ridzky Aditya Telkom University
  • Augustiana Asih Rumanti Telkom University
  • Hilman Dwi Anggana Telkom University

Abstrak

Abstrak-Transportasi merupakan salah satu penggerak untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan suatu negara, yang dapat membantu setiap individu atau kelompok untuk melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari. Saat ini, banyak perusahaan transportasi antar kota sudah mulai mencari pijakan di pasar. Setiap perusahaan memiliki kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan kepada pelanggan. Dengan evolusi digital yang sedang berlangsung, bisnis dapat memaksimalkan keuntungan mereka dengan menggunakan dunia digital sebagai platform untuk menyebarkan layanan yang ditawarkan oleh penyedia layanan yang disediakan oleh transportasi antarkota. Dengan melihat setiap preferensi pelanggan, kami dapat mengevaluasi masing-masing untuk mengidentifikasi area bisnis yang menghambat profitabilitas maksimum. Setiap perusahaan jasa shuttle memiliki strategi pemasaran tersendiri berdasarkan keinginan pelanggan yang ingin mereka puaskan. Namun, perbedaan ini dapat dipelajari dan dianalisis untuk menentukan strategi pemasaran mana yang dapat memastikan bisnis mendapatkan lebih banyak pelanggan daripada strategi terbaik. Dari semua penilaian setiap preferensi di Baraya Travel, harus diperoleh review semua aktivitas aktif dan tidak aktif perusahaan Baraya Travel.
Kata kunci-transportasi, proses bisnis, pemasaran, SECI.

Referensi

Badan Pusat Statistik. (2022). Retrieved 8 September 2022, from https://www.bps.go.id/subject/17/transportasi.html#subjekViewTab4

Darudiato, S., & Setiawan, K. (2013). Knowledge management: konsep dan metodologi. Ultima InfoSys: Jurnal Ilmu Sistem Informasi, 4(1), 11–17.

Davenport, T. H., & Prusak, L. (1998). Working Knowledge: How organizations manage what they know. Harvard Business Press.

Harrington, H. J. (1991). Business Process Improvement: The BreakthroughStrategy for Total Quality, Productivity, and Competitiveness. California: California:McGraw-Hill,Inc.

Kendall, K. E., Kendall, J. E., Kendall, E. J., & Kendall, J. A. (2002). Systems analysis and design (Vol. 4). Prentice Hall Upper Saddle River, NJ.

Kendall, K., & Kendall, J. (2011). Systems Analysis and Design (8th Edition).

Kotler, P., & Keller, K. (2012). Marketing Management. Pearson Education Limited.

Nonaka, I., & Takeuchi, H. (1995). The Knowledge-creating company: How Japanese companies create the dynamics of innovation. New York, NY.

Parmenter, D. (2015). Key performance indicators: developing, implementing, and using winning KPIs. John Wiley & Sons.

Tiwana, A. (2000). The Knowledge management toolkit: practical techniques for building a Knowledge Management system. Prentice hall PTR.

Vaidya, O. S., & Kumar, S. (2006). Analytic hierarchy process: An overview of applications. European Journal of Operational Research, 169(1), 1–29. https://doi.org/10.1016/j.ejor.2004.04.028

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri