Perancangan Rute Pengiriman Produk PT. XYZ Menggunakan Algoritma Genetika pada Vehicle Routing Problem Pick-Up and Delivery with Time Window untuk Minimasi Overtime Kerja

Authors

  • Tania Ayu Sukma Telkom University
  • Muhammad Nashir Ardiansyah Telkom University
  • Femi Yulianti Telkom University

Abstract

Abstrak-PT. XYZ merupakan perusahaan distributor produk minuman dalam kemasan botol yang memasok sejumlah outlet di Provinsi Jawa Barat khususnya di Kota Bandung. PT. XYZ memiliki permasalahan yaitu adanya overtime kerja pada supir dan kernet truk. Sebanyak 6 dari 7 perjalanan truk 1 dan 4 dari 7 perjalanan truk 3 melebihi batas waktu kerja. Batas waktu kerja yang dimaksud yaitu selama 8 (delapan) jam kerja. Tujuan dari tugas akhir ini adalah merancang rute usulan distribusi barang PT. XYZ sehingga dapat meminimalkan durasi perjalanan yang melebihi batas waktu kerja. Berdasarkan kondisi aktual, dapat diketahui bahwa PT. XYZ memiliki permasalahan dalam hal transportasi yang dapat diselesaikan dengan menggunakan pendekatan Vehicle Routing Problem dengan jenis Pick-up and Delivery serta Time Window. Untuk mendapatkan rute usulan data akan diolah dengan menggunakan algoritma genetika dan pengolahan data akan dibantu dengan menggunakan sebuah bahasa pemograman phyton. Hasil dari perhitungan ini akan berupa sebuah rute usulan pengiriman yang dilakukan setiap hari dengan hasil yang berbeda berdasarkan dengan jumlah muatan truk, pilihan truk, dan tujuan pengiriman. Rute usulan pengiriman diharapkan dapat meminimasi durasi perjalanan sehingga tidak ada yang melebihi batas waktu kerja.

Kata kunci-vehicle routing problem, pick-up and delivery, durasi perjalanan, batas waktu kerja, algoritma genetika

References

S. Chopra and P. Meindl, "Supply Chain Management: Strategy, Planning, and Operations (6th Ed.)," Pearson Education, Inc, New Jersey, 2016.

CSCMP," Supply Chain Management Definitions and Glossary," 2013.

P. Toth and D. Vigo, The Vehicle Routing Problem, vol. S.1, Society for Industrial and Applied Mathematics, 2002.

R. Cueva and M. Tupia, " A Continuous Genetic Algorithm for Pickup and Delivery Problem in a VRP environment," May 2013.

F. Faisal, " Penentuan Alokasi dan Rute Transportasi yang Optimal di PT. Sumber Alfaria Trijaya Menggunakan Metode ABC dan Algoritma Tabu-Search," Intitut Teknologi Telkom, Bandung, 2012.

Microsoft, " Bing Maps Distance Matrix API Launches Today," 15 July 2022. [Online]. Available: https://blogs.bing.com/maps/2017-10/bing-maps-distance-matrix-api-launches-today.

P. C. Pop, I. Zelina and V. Lupse, " Peuristic Algorithms for Solving the Generalized Vehicle Routing," International Journal of Computers, Communications, & Control, vol. VI, pp. 158 - 165, Maret 2011.

W. F. Mahmudy, "Optimasi Fungsi Tanpa Kendala Menggunakan Algoritma Genetika Dengan Kromosom Biner dan Perbaikan Kromosom Hill-Climbing," Jurnal Ilmiah KURSOR, vol. 4, pp. 216 - 544, 2008.

S. Mauluddin, I. Ikbal dan A. Nursikuwagus, “Complexity and Performance Comparison Of Genetic Algorithm and Ant Colony For Best Solution Timetable Class," Journal of Engineering Science and Technology, vol. 15, pp. 278 - 292, 2020.

Downloads

Published

2023-06-27

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Industri