Perancangan Schedule Baseline, Scope Baseline, dan Dashboard Monitoring Progress Tim 3 pada Proyek Aplikasi Career Development Center pada Universitas X di PT. XYZ

Penulis

  • Vigho Shevchenko Telkom University
  • Ika Arum Puspita Telkom University
  • Muhardi Saputra Telkom University

Abstrak

Abstrak-Universitas X sebagai salah satu perguruan tinggi yang berada di Indonesia menerapkan media aplikasi dalam penyebaran informasi. PT XYZ merupakan perusahaan konsultan yang didalamya menawarkan jasa konsultasi hingga pengerjaan proyek berlangsung dan merupakan salah satu Science Technopark yang ada di Indonesia serta menjadi sentral untuk membangun kualitas Information and Communication Technologies. Tujuan dari tugas akhir ini yaitu merancang rekomendasi perbaikan dalam bentuk Scope Baseline, Schedule Baseline dan Dashboard Monitoring Proggress pada proyek pembuatan Aplikasi Career Development Center pada Universitas X di PT XYZ. Perancangan Scope Baseline dilakukan dengan menggunakan metode Decomposition, perancangan Schedule Baseline menggunakan metode Critical Path Method dan perancangan Dashboard Monitoring Progress menggunakan Platform Spreadsheet. Hasil perancangan Scope Baseline menghasilkan output berupa Project Scope Statement, WBS dan WBS dictionary. Scope Baseline yang dibuat dengan menjelaskan lingkup kerja pada Aplikasi Career Development Center.

Kata kunci-schedule baseline, scope baseline, decomposition, critical path method, monitoring progress

Referensi

Project Management Institute. “A guide to the project management body of knowledge (PMBOK guide)”. (Vol. Sixth Edition). Pennsylvania: Project Management Institute, Inc. 2017.

I. Heryanto, T. Triwibowo, “Manajemen Proyek Berbasis Teknologi Informasi (Mengelola Proyek Secara Sistematis Menggunakan Microsoft Project)”. Bandung: Informatika, 2016.

D. R. Kiran, “Critical path method,” in Production Planning and Control, Elsevier, pp.457–471, 2019.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri