Perancangan Scope Baseline dan Schedule Baseline Pada Proyek Riset Pasar Pembangunan Laboratorium Kesehatan PT ABC oleh PT XYZ

Penulis

  • Fathiya Safira Ariani Telkom University
  • Wawan Tripiawan Telkom University
  • Achmad Fuad Bay Telkom University

Abstrak

Abstrak- PT ABC perusahaan yang bergerak dalam bidang kesehatan yang ingin membangun sebuah laboratorium kesehatan pusat dengan melakukan riset pasar layanan kesehatan, survei data kebutuhan pelayanan, dan karakteristik layanan kesehatan DKI Jakarta Proyek tersebut ditargetkan dimulai pada bulan Juni 2022, Proyek dijalankan pada bulan September 2022 dikarenakan perencanaan jadwal proyek yang belum dilakukan. Tugas akhir ini dilakukan perancangan scope baseline dengan mengunakan metode decomposition dan perancangan schedule baseline menggunakan metode Critical Path Method. Perancangan Scope Baseline menghasilkan tiga output, yaitu Project Scope Management, WBS, dan WBS Dictionary. Hasil rancangan project scope management berisikan informasi mengenai project name, project scope description, deliverables, acceptance criteria, risk, project exclusions, dan assumptions and constraints. Hasil rancangan WBS terdiri dari level 0, 1, 2, dan 3. Seluruh komponen pada WBS akan dijelaskan secara rinci pada WBS Dictionary yang memiliki informasi mengenai WBS Level, WBS Code, WBS Name, dan WBS Description. Perancangan Schedule Baseline menghasilkan project schedule network diagram berupa visualisasi urutan pengerjaan proyek, selanjutnya dilakukan perhitungan dengan menggunakan CPM. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode CPM diperoleh jalur kritis dengan durasi terpanjang, yaitu 40 hari kerja dan Gantt chart divisualisasikan dengan spesifikasi jadwal untuk setiap aktivitas proyek dan juga dapat terlihat beberapa aktivitas yang dilakukan secara bersamaan.
Kata kunci- proyek, scope, schedule, baseline, critical path method

Referensi

H. A. Taha, Operations Research An Introduction Tenth Edition, England: Pearson Education Limited, 2017.

J. R. B. &. M. C. Heizer, Principles of Operations Management, England: Pearson Education, Inc, 2017.

R. Mulcahy, PMP EXAM PREP Tenth Edition: Accelerated Learning to Pass the Project Manajement Professional (PMP)® Exam, Minnesota: RMC Publications, 2021.

K. K. R. Indonesia, "Profil Kesehatan Indonesia 2021," Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta, 2021.

P. M. Institute, "A Guide to the Project Management Body of Knowledge - Sixth Edition," Pennsylvania, Project Management Institue, Inc., 2017.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri