Perancangan Scope Baseline, Schedule Baseline, dan Pengukuran Performansi Proyek Aplikasi Mobile Akademik pada Universitas X

Authors

  • Hilman Fauzy Akbar Telkom University
  • Ika Arum Puspita Telkom University
  • Mutiardi Puspita Telkom University

Abstract

Abstrak-PT.XYZ adalah Technopark yang merupakan wadah untuk startup yang ingin melakukan pengembangan di bidang teknologi informasi. PT.XYZ memiliki beberapa proyek teknologi informasi yang sudah dapat menghasilkan aplikasi. Proyek Aplikasi Terintegrasi Universitas X memiliki 10 tim dengan tanggung jawab yang berbeda-beda sesuai dengan aplikasi yang menjadi tanggung jawabnya. Pada Proyek Aplikasi Terintegrasi pada Universitas X mengalami keterlambatan pada fase Planning yang seharusnya proyek sudah berjalan pada Bulan Oktober 2021 akan tetapi Proyek Aplikasi Terintegrasi baru bisa dilaksnakan pada Bulan Januari 2022. Hal tersebut berdampak pada salah satu aplikasi yaitu Aplikasi Mobile Akademik yang menjadi topik Tugas Akhir ini. Hal tersebut dikarenakan belum adanya Scope Baseline dan Schedule Baseline setelah adanya Amandemen dilakukan. Dikarenakan tidak adanya Scope Baseline dan Schedule Baseline menyebabkan Proyek Aplikasi Terintegrasi Informasi menjadi tidak terstruktur hal tersebut memengaruhi performansi terhadap kinerja tim proyek. Pengukuran performansi pada Aplikasi Mobile Akademik dilakukan menggunakan Metode Earned Value Method dengan tujuan mengetahui tingkat konsistensi dalam bekerja yang akan direpresentasikan dalam bentuk Kurva-S. Selain itu pada Pengukuran Peformansi terdapat komponen Actual Value, Planned Value, dan Earned Value. Terdapat juga Estimate to Times yang bertujuan untuk mengestimasikan waktu yang diperlukan oleh tim proyek Aplikasi Mobile Akademik untuk menyelesaikan proyek dengan kondisi proyek mengalami keterlambatan.

Kata Kunci-schedule baseline, scope baseline, critical path method, pengukuran performansi, earned value method, decomposition

References

Atin, S. (2018). Manajemen Proyek Perangkat Lunak.

Atin, S. (2018). Project Plan.

B.M, J. (1988). The Management of Construction.

Ervianto. (2004). Teori-Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi (Vol. First). Yogyakarta: Andi.

Farhad, H., Birgani, O. T., Koppelaar, H., & Radenovicd, S. (2018). Using fuzzy logic to improve the project time and cost estimation based on Project Evaluation . Journal of Project Management .

Habibi, F., Birgani, O. T., Koppelaar, H., & Radenovic, S. (2018). Using fuzzy logic to improve the project time and cost estimation based on Project Evaluation . Journal of Project Management.

Heizer, J., & Barry, R. (2009). Manajemen Operasi (Vol. Edisi 9). Jakarta: Salemba Empat.

Husen, A. (2009). Manajemen Proyek (Perencanaan Penjadwalan dan. Yogyakarta: Andi. [9] Iwawo, E. R., Tjakra, J., & Pratasis, P. A. (2016). PENERAPAN METODECPM PADA PROYEK KONSTRUKSI (STUDI KASUS PEMBANGUNAN GEDUNG BARU KOMPLEKS EBEN HAEZAR MANADO).

jono, A. H. (2020). Manajemen Proyek IT. [11] Junafuji, O., & Kartikasari, D. (2017). EVALUASI MANAJEMEN WAKTU PROYEK MENGGUNAKAN METODE PERT DAN CPM PADA PENGERJAAN “PROYEK REPARASI CRANE LAMPSON” DI PT MCDERMOTT INDONESIA.

Levis, & Atherley. (1996). Delay Construction. Langford.

Marco, A. D., & Narbaev, T. (2013). Earned Value-Based Performance Monitoring of Facility Construction Project. Emerald.

Mulcahy, R. (2018). PMP EXAM PREP Ninth Edition : Accelerated Learning to Pass the Project Management Professional.

Nagata, & F., M. (2018). Construction Delays || Delay Analysis Using Bar Chart Schedules. [16] PMI. (2017). A Guide To Join The Project Management Body Of Knowledge (Vol. Sixth Edition). Newtown Square: Project Management Institute, Inc.

Pressman, R. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Pendekatan Praktisi Buku.

Robbins Coulter. (2018). Management (Vol. Fourteenth Edition). New York: Pearson Education, Inc.

Robbins, S., & Coulter, M. (2017). Management (Vol. Eleventh Edition). New Jersey: Pearson Education Inc,.

Septian, D. (2020). Analisis penerapan Metode Critical Path Method pada proyek pengadaan Furniture Masjid di Jepara Inti Kreasindo.

Soeharto. (1995). Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional. Jakarta: Erlangga. [21] Sukamto, & Shalahuddin. (2018). Rekaya Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung.

Downloads

Published

2023-06-27

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Industri