Perancangan Sistem Informasi untuk Pengawalan Program Proyek Menggunakan Metode Rapid Application Development pada Aspinall Foundation Indonesia

Penulis

  • Rakan Furqan Adi Putra Telkom University
  • Rayinda Pramuditya Soesanto Telkom University
  • Nurdinintya Athari Supratman Telkom University

Abstrak

Abstrak-Aspinall Foundation merupakan salah satu perusahaan Non-Govertmental Organization yang berfokus dalam menjaga kekayaan flora dan fauna yang ada di dunia. Perusahaan ini memiliki misi untuk menjaga dan melestarikan kekayaan alam yang ada, hingga akhirnya Aspinall Foundation berhasil melakukan ekspansinya terhadap Indonesia dengan nama Aspinall Foundation Indonesia. Aspinall Foundation Indonesia memiliki salah satu fungsi yaitu sebagai sarana Corporate Social Responsibility yang dimana dalam hal ini melakukan kegiatan proyek bersama dengan perusahaan lain. Pada saat ini Aspinall Foundation Indonesia belum memiliki sistem informasi dalam pengawalan kegiatan proyek yang mengakibatkan target dari beberapa proyek tidak terpenuhi.
Dalam perancangan sistem informasi pada tugas Akhir ini dilakukan dengan metode rapid application development yang dimana diawali dengan penentuan requirement plannig, user design, construction, dan cutover. Dalam pembuatan model dari sistem informasi yang akan dirancang digunakan Unified Modelling Language (UML) untuk visualisasi bahasa pemrograman. Entity Relationship Diagram (ERD) digunakan untuk menentukan gambaran dari hubungan tiap entitas yang ada pada sistem. Hasil rancangan sistem informasi ini kemudian dilakukan pengujian dengan metode greybox testing dan user acceptance test (UAT)
Kata kunci- greybox testing, rapid application development, sistem informasi, unified modelling language, user acceptance test

Referensi

Anggraeni, E. Y., & Irviani, R. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Aninsi, N. Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia. Retrieved from Katadata: https://katadata.co.id/safrezi/berita/61cc2ed801659/persebaran-flora-dan-fauna-di-indonesia (2021, Desember 29).

Ardiansah, I., & Ahmad, F. (2021). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Kopi Berbasis Object Oriented Programming (OOP). Bandung: CV. Cendekia Press.

Fatta, H. A. (2007). Analisis & Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Fitri, R., Subandi, & Hastuti, I. (2019). Analisis Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak Menggunakan Smart Requirement Dalam Membangun Sistem Informasi Lomba Karya Tulis Ilmiah Politeknik Negeri Banjarmasin. Prosiding SNRT.

Frilly, V. (2017). Retrieved from WIKRAMA UTAMA.

Henderi, & Rahardja, U. (2021). UML POWERED DESIGN SYSTEM USING VISUAL PARADIGM. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Irwansyah, E., & Moniaga, J. V. (2014). Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Masy'ud, B., & Ginoga, L. N. (2016). Konservasi Eksetu Satwa Liar. Bogor: Percetakan IPB.

Mei Prabowo, M. (2020). METODOLOGI PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI. (M. Avin Wimar Budyastomo, Ed.) Salatiga: LP2M Press IAIN Salatiga.

Mustaqbal, M., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Anallysis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan.

Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M. M. (2021). Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Menggunakan PHP. (A. A. Christian, Ed.) Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Purnomo, H. (2019). PEMODELAN dan SIMULASI untuk Pengelolaan Adaptif Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Bogor: PT. Penerbit IPB Press.

Simarmata, J., Muhammad, C., Mukti, R. C., Purba, D. W., Tamrin, A. F., Jamaludin, . . . Meganingratna, A. (2020). Teknologi Informasi Aplikasi & Penerapannya. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Suendri, M. (2021). Pemrograman Berbasis Web. Bandung: CV. MEDIA SAINS INDONESIA.

Supriyanto, Gochkenbach, E., Kenai, S., & dkk. (2020). Teknika. Jurnal Sains dan Teknologi, 16.

Tilley, S., & Rosenblatt, H. J. (2017). System Analysis and Design. Boston: Cengage Learning.

Vidia Rahcmadani, S. P. (2020). BIG DATA: Forecasting Menggunakan Python. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Wicaksono, S. R. (2017). Rekayasa Perangkat Lunak. Malang: Seribu Bintang.

Yanto, R. (2012). Manajemen Basis Data menggunakan MySQL. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri