Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset Kantor di Fakultas Rekayasa Industri Telkom University Menggunakan Metode Scrum

Penulis

  • Adelia Sekar Apsari Telkom University
  • Luciana Andrawina Telkom University
  • Hilman Dwi Anggana Telkom University

Abstrak

Abstrak-Fakultas Rekayasa Industri (FRI) Telkom University merupakan salah satu fakultas yang terdapat di Telkom University. Pemindahan Fakultas Rekayasa Industri ke gedung Telkom University Landmark Tower disertai dengan masuknya aset baru untuk mendukung sarana prasarana fakultas, salah satunya kantor. Banyaknya aset yang harus dikelola dan tidak tersedianya sistem terintegrasi yang dapat mendukung proses manajemen aset dapat mempersulit proses manajemen aset di Fakultas Rekayasa Industri (FRI) Telkom University. Berdasarkan masalah tersebut, tugas akhir ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem informasi manajemen yang dapat mempermudah proses manajemen aset di fakultas. Dalam perancangannya, digunakan metode scrum untuk membantu perancangan sistem manajemen aset Fakultas Rekayasa Industri. Kemudian, dilanjutkan dengan proses pengujian sistem menggunakan blacbox testing dan user acceptance test. Hasil perancangan dari Tugas Akhir ini adalah sistem informasi manajemen aset untuk Fakultas Rekayasa Industri di Gedung Telkom University Landmark Tower yang dapat memudahkan pihak stakeholder dalam melakukan proses manajemen aset kantor di Fakultas Rekayasa Industri (FRI) Telkom University.

Kata kunci- manajemen aset, aset, fakultas rekayasa industri, kantor, scrum, sistem informasi manajemen

Referensi

Siregar, D. (2004). Manajemen Aset: Strategi Penataan Konsep Pembangunan Berkelanjutan secara Nasional dalam Konteks Kepala Daerah sebagai CEO's pada Era Globalisasi dan Otonomi Daerah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiama, A. (2013). Manajemen Aset Pariwisata. Bandung: Guardaya Intimarta.

Green, M. (2016). Scrum: Novice to Ninja. Melbourne: Sitepoint.

Freeman, R. E., Harrison, J. S., Wicks, A. C., Parmar, B. L., & De Colle, S. (2010). Stakeholder Theory : The State of The Art. New York: Cambridge University Press.

Perry, W. E. (2006). Effective Methods for Software Testing Third Edition. Indianapolis: Wiley Publishing Inc.

Nidhra, S., & Dondeti, J. (2012). Black Box and White Box Testing Techniques - A Literature Review. International Journal of Embedded System and Application (IJESA), 33.

Syahputri, A. N., & Anggoro, D. A. (2020). Penerapan Sistem Informasi Penjualan Dengan Platform E-Commerce Pada Perusahaan Daerah Apotek Sari Husada Demak. Science and Information Technology Journal (SINTECH), 68.

Laudon, K., & Laudon, J. (2018). Management Information Systems: Managing The Digital Firm 15th Edition. Harlow: Pearson.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri