Perancangan Sistem Informasi Manajemen Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Metode Scrum di Puskesmas Kendal

Penulis

  • Satria Panji Winata Telkom University
  • Amelia Kurniawati Telkom University
  • Afrin Fauzya Rizana Telkom University

Abstrak

Abstrak-Puskesmas Kendal memiliki sebuah sistem penilaian kepuasan masyarakat atas pelayanan kesehatan yang diberikan. Kategori mutu hasil pengukuran Survei Kepuasan Mayarakat (SKM) di Puskesmas Kendal adalah 79,14% termasuk ke dalam kategori Baik. Namun Puskesmas masih menghadapi kendala yaitu belajar dari data tersebut. Manajer operasional tidak dapat melacak kualitas layanan secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi sistem informasi manajemen yang dapat mendukung serta membantu pasien untuk memberikan penilaian terhadap pelayanan kesehatan. Perancangan aplikasi ini menggunakan metode scrum. Tahapan pada metode ini dimulai dari penentuan scrum team, lalu penentuan product backlog oleh product owner dan dilakukan sprint. Pada akhir sprint terdapat tahap inspeksi dan sprint retrospective. Selain menggunakan metode scrum, penelitian ini juga dikombinasikan dengan ilmu pengukuran kualitas pelayanan Servqual yang terdiri dari lima dimensi yaitu, tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy yang akan digunakan dalam aplikasi survei yang dibuat. Aplikasi ini berbasis web yang dibuat menggunakan framework PHP dan MySQL sebagai penyimpanan data. Pada proses pengujian sistem menggunakan metode user acceptance test.

Kata Kunci-kepuasan pelayanan, scrum, servqual, sistem informasi manajemen.

Referensi

- Davis, G. B. (2007). Pengertian Informasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

- Departmen Kesehatan. (2009). Sistem Kesehatan. Jakarta.

- Jatmika, A. (2017). Perancangan Sistem Informasi Portal Alumni Universitas Muhammadiyah Ponorogo Berbasis PHP dan MySQL (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

- Jogiyanto. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi: pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis. Yogyakarta: Andi.

- Parasuraman, A., V.A., Zeithaml dan L.L., Berry., (1998), SERVQUAL : A Multiple Item Scale for Meansuring Consumer Perseption of Service Quality, hal 64, Jurnal of Retailing.

- Purnamawati, E. (2012). Analisis Kualitas Layanan dengan Metode Servqual dan AHP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Surabaya. Tekmapro: Journal of Industrial Engineering and Management, 3(1).

- Rubin, K. S. (2012). Essential Scrum: A practical guide to the most popular Agile process. Addison-Wesley.

- Schwaber, K., & Jeff, S. (2013). Panduan Scrum TM.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri