Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Key Opinion Leader Pada CV. Kreatifitas Anak Bangsa Menggunakan Metode AHP dan TOPSIS

Penulis

  • Sholahudin Umar Telkom University
  • Rayinanda Pramudya Soesanto Telkom University
  • Afrin Rizana Telkom University

Abstrak

Abstrak-Penggunaan sosial media sebagai media pemasaran menjadi strategi pemasaran bagi brand yang ingin meningkatkan brand value dan reach. Hallo management hadir sebagai konsultan dan penyedia kebutuhan brand dalam melakukan pemasaran sosial media seperti Campaign, Endorsement, Brand Activation dan Paid Promote dengan menyediakan Key Opinion Leader (KOL) untuk membantu meningkatkan brand Value dan reach. Saat ini hallo management belum menggunakan metode yang objektif untuk menentukan KOL yang akan diajukan kepada brand untuk melakukan pemasaran media sosial. Hal tersebut mengakibatkan performa dari KOL yang diajukan kepada brand memiliki performansi yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Akar permasalahan dari Hallo Management antara lain adalah penentuan KOL tidak tepat sasaran, KOL tidak sesuai dengan niche market yang mengakibatkan reach tidak terpenuhi dan materi pemasaran sosial media yang digunakan tidak sesuai dengan yang dibutuhkan sehingga mengakibatkan target dari engagement tidak terpenuhi. Dalam mengatasi permasalahan tersebut dilakukan perancangan sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode AHP sebagai pembobotan dari kriteria dan metode TOPSIS sebagai penentuan alternatif yang diharapkan dapat membantu Hallo Management dalam menentukan KOL menjadi tepat sasaran dan objektif. Dalam perancangan sistem pendukung keputusan ini, digunakan metode Rapid Application Development (RAD) sebagai metode pengembangan sistem sehingga pengembangan sistem dapat dilakukan dengan cepat dan dapat dilakukan perbaikan secara berulang untuk meminimalisir kesalahan pada sistem yang dibuat.

Kata kunci- KOL, brand, AHP, TOPSIS, RAD.

Referensi

Ayu, F., & Permatasari, N. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data PKL (Praktek Kerja Lapangan) Di Devisi Humas Pada PT Pegadaian. Jurnal Intra Tech, 2(2),

–26. [2] Girsang, C. N. (2020). Pemanfaatan Micro-Influencer pada Media Sosial sebagai Strategi Public Relations di Era Digital. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 206–225.

Gunelius, S. (2010). 30-minute social media marketing: Step-by-step techniques to spread the word about your business: Social media marketing in 30 minutes a day. McGraw Hill Professional.

Hasanah, N., & Indriawan, M. N. (2021). Rancangan Aplikasi Batam Travel Menggunakan Metode Software Development Life Cycle (SDLC). CoMBInES-Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, 1(1), 925–938.

Hootsuite, W. A. S. (2021). Digital 2021: Global

Overview Report. DataReportal–Global Digital Insights.

Limbong, T., Muttaqin, M., Iskandar, A., Windarto, A. P., Simarmata, J., Mesran, M., Sulaiman, O. K., Siregar, D., Nofriansyah, D., & Napitupulu, D. (2020). Sistem Pendukung Keputusan: Metode & Implementasi. Yayasan Kita Menulis.

Ningsih, E., Dedih, D., & Supriyadi, S. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Peluang Usaha Makanan yang Tepat Menggunakan Weighted Product (WP) Berbasis Web. ILKOM Jurnal Ilmiah, 9(3), 244–254.

Nusawan, I. (2017). Implementasi Metode Multi Criteria Decision Making Menggunakan Analytic Hierarchy Process Pada Docker Container Untuk Optimasi Sumber Daya Server. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Prathivi, R. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Beasiswa Pada Universitas Semarang Menggunakan Metode Topsis. Jurnal Pengembangan Rekayasa Dan Teknologi,

(1), 10–16.

Pricillia, T. (2021). Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, RAD). Jurnal Bangkit Indonesia, 10(1), 6–12.

Widiyanto, W. W. (n.d.). Analisa Metodologi Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian Menggunakan Waterfall Development Model dan Model Rapid Application Model (RAD).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri