Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Pengembangan Objek Wisata Alam di Kabupaten Rembang Menggunakan Metode AHP dan Topsis

Authors

  • Vini Aviolina Telkom University
  • Rayinda Pramuditya Soesanto Telkom University
  • Arifin Fauzya Rizana Telkom University

Abstract

Abstrak-Pariwisata adalah jenis industri yang bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi, penyediaan lapangan kerja, peningkatan penghasilan, standar hidup serta menstimulasi sektor-sektor produktif lainnya. Dengan adanya sektor industri pariwisata di Kabupaten Rembang yang dapat mempengaruhi perekonomian masyarakat di daerah tersebut. Dilihat dari pendapatan yang dihasilkan oleh objek wisata di Kabupaten Rembang, perekonomian pada sektor wisata memiliki angka yang terbilang tinggi. Karena banyak objek wisata di setiap daerah Rembang yang belum dikembangkan dan dikelola dengan keterbatasan anggaran dana, maka kebijakan Pemerintah setempat dan pengelola wisata dengan memfokuskan untuk mengembangkan dan memilih kawasan wisata yang berpotensi yang ada di Kabupaten Rembang. Maka dilakukan penelitian terkait sistem pendukung keputusan penentuan prioritas pengembangan objek wisata alam di Kabupaten Rembang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode TOPSIS dan AHP, dengan metode pengembangan sistem menggunakan metode Scrum. Rancangan yang dihasilkan berupa aplikasi berbasis web untuk mempermudah Dinas Pariwisata dalam menentukan prioritas pengembangan objek wisata dengan penilaian menggunakan kriteria dan indikator yang ada.

Kata kunci- AHP, TOPSIS, SCRUM

References

I. D. G. Sugiamretha, "Respon Kebijakan: Mitigasi Dampak Wabah Covid-19 Pada Sektor Pariwisata," The Indonesian Journal of Development Planning, Volume IV(Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Republik Indeonesia), 2020.

KEMENPAREKRAF, "Kemenparekraf/Baparekraf Republik Indonesia," 14 Juli 2021. [Online]. Available: https://kemenparekraf.go.id/berita/Siaran-Pers-%3A- Menparekraf-Ajak-HMI-Bantu-Bangkitkan-Sektor- Pariwisata-dan-Ekonomi-Kreatif.

Pemerintah Kabupaten Rembang , "Dinas Kebudayaan dan Pariwisata," 2022. [Online]. Available: https://rembangkab.go.id/teachers/dinas-kebudayaan- dan-pariwisata/.

Andoyo, A.A Sistem Pendukung Keputusan: Konsep, Implementasi, & Pengembangan, Indramayu: Penerbit Adab, 2021.

Y. Kustiyahningsih, E. Rahmanita, Purbandini, I. Islam and V. Sasmeka, Metode Multi Criteria Decision Making Untuk Pendukung Keputusan, Malang: Media

Nusa Creative, 2021.

A. C. D. S. Mulyani, Metode Analisis dan Perancangan Sistem, Bandung: Abdi Sistematika, 2016.

F. Sari, Metode dalam Pengambilan Keputusan, Deepublish, 2018.

L. M. Yulyantari and I. P. Wijaya, Manajemen Model Pada Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2018.

K. Schwaber and J. Sutherland, "The Scrum Guide," 2020.

T. A. Kurniawan, "Pemodelan Use Case (UML): Evaluasi Terhadap Beberapa Kesalahan Dalam Praktik," J. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput, 2018.

K. S. Rubin, Essential Scrum- A Practical Guide To The Most Popular Agile Process, Addison-Wesley, 2012.

T. S. Jaya, "Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis," Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT, 2018.

E. s. Eriana, "PENGUJIAN SISTEM INFORMASI APLIKASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB DENGAN WHITE BOX TESTING," Jurnal Teknologi Informasi ESIT, 2020.

A. fathoroni, R. N. s. fatonah, r. andarsyah and n. riza, Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode 360 Degree Feedback, bandung: Kreatif industri nusantara, 2022.

P. s. sutopo and sulkhan, "analisis dan pernacangan sistem informasi monitoring teknisi alat blood gas analyzer dengan metode pengujian user acceptance test

(UAT)," jurnal sains terapan dan teknologi, 2022.

Downloads

Published

2023-06-27

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Industri