Perancangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Penentuan Paket Wisata Menggunakan Metode AHP – Topsis Pada PT. Just A Trip

Penulis

  • Michael Yesaya Toreh Telkom University
  • Augustina Asih Ramanti Telkom University
  • Lutfia Septiningrum Telkom University

Abstrak

Abstrak-Pendirian bisnis baru dalam sektor pariwisata sangat beragam, salah satunya adalah bisnis tour dan travel. PT. Just A Trip merupakan perusahaan di bidang sektor pariwisata daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berencana akan memperbanyak paket wisata baru untuk wisatawan. Dalam proses pembentukan paket wisata, PT. Just A Trip memiliki beberapa hambatan seperti proses pembentukan paket wisata yang sangat lama, destinasi wisata yang banyak, permintaan pelanggan yang berubah 3 ubah, serta belum adanya sistem informasi yang dapat membantu dalam penentuan paket wisata. Tujuan Tugas Akhir ini adalah merancang sistem pendukung keputusan untuk penentuan paket wisata pada PT. Just A Trip berdasarkan preferensi pelanggan. Proses penentuan paket wisata terbaik akan menggunakan metode Analytical Hierarcy Process (AHP) - Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Pada perhitungan metode AHP, dilakukan pembobotan kriteria terbaik, sementara pada metode TOPSIS digunakan sebagai penentu alternatif terbaik. Metode perancangan sistem yang digunakan adalah Rapid Application Development (RAD) yang berfungsi untuk melibatkan user dalam merancang sistem sesuai dengan kebutuhan pengguna. Metode tersebut dapat melakukan perbaikan berulang untuk meminimalisir kesalahan pada sistem. Hasil yang didapatkan pada tugas akhir ini adalah sistem penentuan keputusan dalam penentuan paket wisata pada PT. Just A Trip.

Kata kunci-pariwisata, rapid application development, analytical hierarcy process, technique for order preference by similarity to ideal solution, sistem penentuan keputusan paket wisata

Referensi

Aswati, S., Ramadhan, M. S., Firmansyah, A. U., & Anwar, K. (2017). Studi Analisis Model Rapid Application Development Dalam Pengembangan Sistem Informasi. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 20–27.

Bolung, M., & Tampangela, H. R. K. (2017). Analisa penggunaan metodologi pengembangan perangkat lunak. Jurnal ELTIKOM: Jurnal Teknik Elektro, Teknologi Informasi Dan Komputer, 1(1), 1–10.

Daihani, D. U. (2001). Komputerisasi pengambilan keputusan. Jakarta: Elex Media Komputindo,

Haviluddin, H. (2011). Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language). Hwang, C.-L., & Yoon, K. (1981). Methods for multiple attribute decision making. In Multiple attribute decision making (pp. 58–191). Springer.

Khorshidi, R., & Hassani, A. (2013). Comparative analysis between TOPSIS and PSI methods of materials selection to achieve a desirable combination of strength and workability in Al/SiC composite. Materials & Design (1980- 2015), 52, 999–1010. [6] Saaty, T. L. (2000). Fundamentals of decision making and priority theory with the analytihierarchy process (Vol. 6). RWS publications.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri