Perancangan Sistem Rekomendasi Paket Wisata Alam Kabupaten Rembang Jawa Tengah Dengan Metode K-Means

Penulis

  • Vinsa Arinaldi Telkom University
  • Rayinda Pramuditya Soesanto Telkom University
  • Hilman Dwi Anggana Telkom University

Abstrak

Abstrak-Pariwisata merupakan sektor yang berperngaruh pada pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan Kemenparekraf, pariwisata mengalami penurunan terhadap GDP di Indonesia sehingga dengan memanfaatkan perkembangan ekonomi digital dan kekayaan destinasi wisata di Indonesia, ekonomi Indonesia akan kembali normal. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan pemanfaatan daerah yang memiliki potensi wisata alam namun masih jarang dikunjungi. Kabupaten Rembang merupalan salah satu kabupaten di Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata alam. Dari beberapa lokasi wisata alam tersebut masih terdapat lokasi yang minim pengunjung, dikarenakan kurangnya dukungan paket wisata yang menjadi kendala bagi wisatawan untuk mengetahui karakteristik objek wisata yang tepat. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi karakteristik tiap objek wisata dan menyusun paket wisata berdasarkan jarak, arah lokasi wisata, biaya, jam operasional, dan ratings tempat wisata tersebut. Metode dalam penelitian ini adalah K-Means Clustering yang didukung dengan menggunakan visualisasi Interface R-Shiny di R-Studio dengan bahasa pemrograman R. Hasil dari penelitian ini adalah melakukan pencarian cluster optimal yang dilakukan sebanyak 8 kali, sehingga setelah dilakukan proses perhitungan silhouette terhadap data, hasil silhouette didapatkan dengan menghasilkan 5 pilihan paket wisata alam di Kabupaten Rembang dengan karakteristik lokasi wisata yang berbeda-beda.

Kata Kunci-sistem rekomendasi, k-means, paket wisata, kabupaten rembang

Referensi

Primanda, R. P., Alwi, A., & Mustikasari, D. (2021). DATA MINING SELEKSI SISWA BERPRESTASI UNTUK MENENTUKAN KELAS UNGGULAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING (Studi Kasus di MTS Darul Fikri)

Handoyo, R., M, R., & Nasution, S. M. (2014). PERBANDINGAN METODE CLUSTERING MENGGUNAKAN METODE SINGLE LINKAGE DAN K - MEANS PADA PENGELOMPOKAN DOKUMEN.

Rajeshinigo, D., & Jebamalar, J. A. (2015). Accuracy Improvement of C4.5 using K means Clustering.

O'Brien, J. A., & Marakas, G. M. (2009). Management Information Systems.

Connoly, T. M., & Begg, C. E. (2004). ataBase Systems: A Practical Approach to Design, Implementation and Management (4th ed.).

Lumanauw, N. (2020). Perencanagaan Paket Wisata Pada Biro Perjalanan Wisata Inbound (Studi Kasus Di PT. Golden Kris Tours, Bali).

Maisarah, Kusnandar, D., & Perdana, H. (2021). PENGEMBANGAN APLIKASI WEB INTERAKTIF MENGGUNAKAN RSHINY UNTUK ANALISIS STATISTIK NONPARAMETRIK.

Vikasari, C. (2018). Pengujian Sistem Informasi Magang Industri dengan Metode Blackbox TestingBoundary Value Analysis.

Mustaqbal, M., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). PENGUJIAN APLIKASI MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING BOUNDARY VALUE ANALYSIS (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri