Perancangan Strategi Bauran Komunikasi Pemasaran dengan Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) di Toko Mas Family

Penulis

  • Mikail Armiya Telkom University
  • Budi Praptono Telkom University
  • Tiara Verita Yastica Telkom University

Abstrak

Abstrak-Toko Mas Family merupakan toko jual beli perhiasan emas seperti cincin, gelang dan lain-lain. Toko Mas Family menyediakan perhiasan sehingga masyarakat dapat berinvestasi sekaligus berhias. Penjualan Toko Mas Family pada tahun 2021 tidak mencapai target setiap bulannya. Ada beberapa akar masalah yang menyebabkan penjualan dari Toko Mas Family tidak mencapai target, salah satunya adalah metode strategi bauran komunikasi pemasaran yang masih kurang maksimal. Toko Mas Family menginginkan perbaikan strategi bauran komunikasi pemasaran untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi. Perancangan strategi tersebut memakai metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil rancangan adalah berupa alternatif strategi bauran komunikasi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan. Alternatif strategi bauran komunikasi pemasaran yang dapat diimplementasikan Toko Mas Family adalah membuat media sosial untuk melakukan promosi sehingga dapat memperluas pangsa pasar dan meningkatkan penjualan, mengadakan promo minimal pembelian atau penawaran yang menarik untuk meningkatkan daya beli customers, membuat lokasi di maps agar masyarakat mudah menemukan lokasi dan meningkatkan pangsa pasar, memperbanyak jenis emas dari yang kadar rendah sampai tinggi sehingga semua golongan masyarakat dari ekonomi bawah sampai ekonomi atas pun dapat berinvestasi dan melakukan benchmarking kepada pesaing agar dapat selalu menambah model produk sesuai dengan tren terkini.


Kata kunci- matriks SWOT, metode QSPM, strategi bauran komunikasi pemasaran.

Referensi

Annur, C. M. (2021). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022. (Diakses 23 Juli 2022)

Bareksa. (2020). Sri Mulyani Isyaratkan Resesi, Emas Bisa Jadi Pilihan Diversifikasi Investasi. https://www.bareksa.com/berita/emas/2020-09-03/sri-mulyani-isyaratkan-resesi-emas-bisa-jadi-pilihan-diversifikasi-investasi. (Diakses 23 Juli 2022)

Fahmi, I. (2013). Manajemen Stategis. Bandung: Alfabeta.

Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: Qiara Media

Kotler, P., & Armstrong, G (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 1, Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi 15, Jilid 1. Pearson Education Limited.

Pearce, J. A., & Robinson, R. B. (2008). Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2017). Strategic Management, Edisi 16. Edinburgh Gate: Pearson Education Limited.

Sumanto, E. (2006). Analisis Pengaruh Perkembangan Pasar Modal Terhadap Perekonomian Indonesia.

Tandelilin, E. (2017). Pasar Modal : Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Yogyakarta: PT. Kanisius.

William D., & Joseph, P. (2008). Pemasaran Dasar.Pendekatan Manajerial Global buku 1. Jakarta : Salemba Empat.

##submission.downloads##

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri