Perancangan Strategi Bauran Komunikasi Pemasaran pada Inglebert Shoes Records Menggunakan Metode Matrik Quantitative Strategic Planning (QSPM)

Authors

  • Grady Dhiyaa Suyud Telkom University
  • Budi Praptono Telkom University
  • Tiara Verita Yastica Telkom University

Abstract

Abstrak-Inglebert Shoes Records merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang jasa untuk memenuhi kebutuhan sepatu yang didirikan pada tahun 2019. Tujuan dalam penelitian Inglebert Shoes Records adalah untuk mengembangkan strategi bauran komunikasi pemasaran yang dapat diterapkan oleh Inglebert Shoes Records. Ada beberapa alasan utama mengapa pendapatan Inglebert Shoes Records tidak mencapai target. Salah satunya adalah metode strategi bauran komunikasi pemasaran yang masih kurang maksimal. Owner dari Inglebert Shoes Records menginginkan perbaikan strategi bauran komunikasi pemasaran untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi. Perancangan strategi tersebut memakai metode (QSPM). Hasil rancangan adalah berupa alternatif strategi bauran komunikasi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan. Alternatif strategi bauran komunikasi pemasaran yang dapat diimplementasikan Inglebert Shoes Records adalah membuat konten yang menarik untuk dapat bersaing dengan kompetitor, memberikan layanan antar jemput gratis kepada konsumen baru untuk meningkatkan penjualan, melakukan promosi di media sosial untuk memperluas pangsa pasar, memberikan kupon gratis 1 kali cuci kepada konsumen yang telah melakukan 4 kali transaksi di Inglebert Shoes Records untuk menciptakan kepercayaan konsumen, menerapkan 2 layanan jasa langsung kepada konsumen untuk meningkatkan daya saing dengan kompetitor, membuat konten yang inovatif untuk mengenalkan jasa Inglebert Shoes Records lebih dalam dan meningkatkan kepercayaan. Strategi ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan Inglebert Shoes Records.

Kata kunci- matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, matriks QSPM, strategi bauran komunikasi pemasaran.

References

Badowi, M. (2018, March 16). Matriks Analisis EFE Dan IFE. Retrieved from www.mochamadbadowi.com/news/matriks-analisis-efe-danife.html.

Buta, R. (2007). The Swot Analysis In The Geographical Research, With Applicability In The Study Of The Human Settlements From Moldova Valley . Moldova: BAIA-DRAGUSENI SECTOR.

David, F. (2009). Manajemen Strategis Konsep Terjemahan. Jakarta: Salemba Empat.

David, F. (2012). Strategic Management . Jakarta: Salemba Empat.

David, F. (2017). Strategic Management, Edisi 16. Edinburh Gate: Pearson Education.

Febrianti, O. V., & K., M. S. (2014). Usulan Alternatif Strategi PT.X Menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Economic, 1-8.

Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan : CV.Penerbit Qiara Media.

Kartajaya, H., & Sula, M. S. (2008). Syariah Marketing. Bandung: Mizan.

Kinnear TC, T. (2007). Marketing Research. Edinburgh Gate: Prentice Hall.

Kotler, & Keller. (2009). Manajemen pemasaran (Vol. 13). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. &. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Vol. 12). Jakarta: Erlangga.

Miharja, K. (2018). Analisa SWOT Dalam Menentukan Strategi Bisnis Susu Murni Q-Milk. Jurnal Ecodemica, 2, 30-38.

Noor, S. (2014). Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio di Malang. Jurnal Intekna, 14, 102-209.

Rahma, A. (2021, May 24). Rumus.co.id. Retrieved from https://rumus.co.id/matriks-bcg/

Rahmawati, Y., & Syahputra. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Dengan Penggunaan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Pada CV. Rabbani Asya . E-Proceeding Of Management, (pp. 3996-4004).

Rangkuti, F. (2009). Strategic Management. Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti, F. (2012). Strategic Management. Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti, F. (2017). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Stanton, W. j. (2001). Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Umar. (2001). Strategic Management In Action : Konsep, Teori, dan Teknik Menganalisa Manajemen Strategis Strategic Business Unit Berdsarkan konsep Michel R. Porter, Fred R. David, dan Wheelen-Hunger. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2023-06-27

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Industri