Perancangan Strategi Pemasaran dalam Pengembangan Usaha Ternak Ayam Broiler dengan Pola Kemitraan

Penulis

  • Muhammad Agrityo Primaprakoso Telkom University
  • Rosad M.E.H Telkom University
  • Isnaeni Yuli Arini Telkom University

Abstrak

Abstrak-CV. ASPI merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang pengembangan dan penyediaan bahan baku peternakan berdomisili di Kabupaten Bandung. Pada berjalannya perusahaan mengalami permasalahan, meningkatnya margin days old chick masuk dengan penjualan ayam pedaging. Dimulai menganalisis faktor internal dan eksternal menggunakan analisis Porter’s Five Force agar dapat menggunakan matriks IFE EFE. Hasil dari matriks tersebut akan dilanjutkan pada matriks IE agar mengetahui posisi perusahaan serta matriks SWOT untuk mengetahui strategi alternatif yang diterapkan. Melakukan perhitungan IFAS EFAS untuk mencari nilai yang didapat. Memanfaatkan matriks QSPM untuk pemilihan prioritas dan strategi alternatif yang didapat. Lalu melakukan validasi kepada Kepala untuk mengetahui rencana implementasi yang terpilih. Hasil perhitungan IFAS yaitu 3,26, sementara perhitungan EFAS yaitu 3,18 yang menjadi input matriks IE. Dengan nilai tersebut maka posisi perusahaan pada matriks IE ada di kuadran 1 (Grow and Build) dengan strateginya yaitu melakukan pengembangan pasar, pengembangan produk, dan penetrasi pasar. Pada matriks SWOT menghasilkan 9 strategi dipilih sesuai kondisi eksisting dan menentukan prioritas menggunakan QSPM. Hasil dari QSPM yang terpilih yaitu pengembangan pasar dengan nilai TAS sebesar 6,80. Pengembangan pasar berdasarkan hasil analisis telah sesuai dengan sumber daya dan batasan yang dimiliki. Harapannya dapat meningkatkan penjualan ayam dan dapat bersaing dengan kompetitor.

Kata kunci- matriks IE, matriks SWOT, matriks QSPM

Referensi

O. V. M. S. Febrianti, "Usulan Alternatif Strategi PT. X Menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)," E-Journal Graduate Unpar, pp. Volume 1 (1):1-12, 2014.

F. Rahardi and R. Hartono, Agribisnis Peternakan, Jakarta: Penebar Swadaya, 2003.

A. Jamaludin, Rohmad and N. Winahyu, "Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Ayam Pedaging (Broiler) di Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri," Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kadiri, p. 79, 2019.

M. David, "Analisis Resiko Produksi pada Peternakan Ayam Broiler," Jurnal Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor, 2013.

Fred R. David & Forest R. David, Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Pearson, 2017.

P. Arwita, "Analisis Resiko Usaha Peternakan Ayam Broiler dengan Pola Kemitraan dan Mandiri," Jurnal Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor, 2013.

P. T. Kotler and G. Armstrong, Principles of MARKETING (18th edition), Pearson, 2021.

F. Rangkuti, Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka, 2013.

A. Rijali, "Analisis Data Kualitatif," Jurnal Alhadharah, p. 94, 2018.

Suryana, Kewirausahaan, Jakarta: Salemba Empat, 2009.

I. Setiawan, "Analisis Efisiensi Skala Produksi Usaha Peternakan Ayam Broiler," Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar, 2017.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri