Perancangan Strategi Positioning pada UMKM AD_Barber Berdasarkan Perseptual Mapping

Penulis

  • Fikri Muhamad Fauzi Telkom University
  • Rosad M.E.H Telkom University
  • Isnaeni Yuli Arini Telkom University

Abstrak

Abstrak-AD_Barber menawarkan jasa potong rambut dan perawatan rambut bagi kaum pria. Saat ini AD_Barber sedang mengalami gejala permasalahan yang dialami yaitu jumlah konsumen yang datang tidak mencapai target selama satu tahun yang dipengaruhi berbagai penyebabnya seperti tingkat awareness yang rendah, tingkat engagment rate yang rendah, tools dalam komunikasi pemasaran yang digunakan tidak lengkap, dan beberapa faktor seperti fasilitas, service, dan SDM yang masih menjadi kekurangan menurut konsumen. Dari berbagai permasalahan yang telah dituliskan, terdapat alternatif solusi yang dihasilkan dari lima aspek yang mempengaruhi masalah utama pada AD_Barber yaitu, brand, service, promotion, fasilitas, dan SDM. Dari kelima alternatif solusi tersebut, maka diambil solusi perbaikan brand pada AD_Barber dengan melakukan perancangan strategi positioning menggunakan metode multidimensional scaling untuk meningkatkan dan memperkuat daya saing yang dimiliki pada AD_Barber untuk dapat bersaing dengan para kompetitor. Pemilihan metode ini digunakan untuk mengetahui bagaimana posisi objek dibandingkan dengan para kompetitor untuk melihat perbedaannya. Terdapat sepuluh atribut berdasarkan penelitian terdahulu dan hasil dari wawancara kepada responden seperti, kualitas, harga, fasilitas, lokasi, pelayanan, peralatan, pencukur, dan promosi. Dari sepuluh atribut yang telah didapatkan, terpilih tiga atribut yang menjadi kekurangan dari AD_Barber dan satu kelebihan untuk mempertahankannya dari ancaman terhadap kompetitor melalui hasil dari IBM SPSS menggunakan metode multidimensional scaling. Atribut yang menjadi kekurangan dari AD_Barber itu terdiri dari pelayanan, kualitas, dan kenyamanan. Sedangkan atribut untuk mempertahankan dari ancaman yaitu atribut promosi. Setelah itu, dilakukan penyusunan beberapa strategi untuk meningkatkan tiga atribut yang terpilih sebagai kekurangan dari AD_Barber sehingga dapat bersaing dengan kompetitor dan satu strategi untuk mempertahankan atribut terhadap persaingan dengan kompetitor lainnya. Tugas akhir ini terverifikasi karena diperoleh nilai Stress 0 atau mendekati nol dan nilai R-Square lebih dari 0.6 sehingga kedua nilai ini dapat dikatakan sempurna. Hasil rancangan yang telah dihasilkan yaitu perbaikan positioning AD_barber agar dapat bersaing dengan kompetitornya.

Kata Kunci-AD_Barber, barbershop, positioning, strategi, MDS

Referensi

Kotler, P., Keller, K. L., Manceau, D., & Dubois, B. (2016). Marketing Management, 15e édition. New Jersy: Pearson Education.

Qolbi, M. F., Praptono, B., & Hadi, R. M. E. (2021). Perancangan Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode Qspm (studi Kasus: Idaman Busana Bandung). eProceedings of Engineering, 8(5).

Nishom, M. (2019). Perbandingan Akurasi Euclidean Distance, Minkowski Distance, dan Manhattan Distance pada Algoritma K-Means Clustering berbasis Chi-Square. Jurnal Informatika, 4(01), 20-24www.pearson.com/uk.

Saragih, M. G., Saragih, L., Purba, J. W. P., & Panjaitan, P. D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif: Dasar–Dasar Memulai Penelitian. Yayasan Kita Menulis

Malhotra, N. K., Nunan, D., & Birks, D. F. (2017). Marketing Research an Applied Approach. Pearson

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri