Perancangan Trolley untuk Meminimasi Cacat Produk Leg Assy RR1 Model D2XX pada Proses Assembly di PT XYZ Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD)

Penulis

  • Ghifary Adinegoro Telkom University
  • Marina Yustiana Lubis Telkom University
  • Sheila Amalia Salma Telkom University

Abstrak

Abstrak- PT XYZ merupakan sebuah perusahaan manufaktur yang memproduksi jok, komponen jok, komponen interior, dan komponen unit mesin untuk mobil. Salah satu jenis komponen jok mobil yang diproduksi oleh PT XYZ adalah Leg Assy RR1 Model D2XX. Data produksi perusahaan periode Oktober 2021 hingga Juli 2022 menunjukkan terdapat produk defect yang terdiri dari 13 jenis cacat. Terdapat enam proses pada produksi Leg Assy RR1 Model D2XX, yaitu proses receiving, welding, painting, assembly, final inspection, dan packing. Defect yang dapat terjadi diakibatkan oleh CTQ (critical to quality) proses yang tidak terpenuhi. Proses assembly merupakan proses dengan jumlah kemunculan defect terbanyak. Tugas akhir ini akan memperbaiki proses assembly dengan merancang trolley yang digunakan pada proses assembly. Penyelesaian masalah dilakukan menggunakan metode DMAI (define, measure, analyze, improve) dan perancangan produk usulan menggunakan metode quality function deployment (QFD). Hasil rancangan trolley usulan ini diharapkan dapat membantu mengurangi jumlah defect produk produk Leg Assy RR1 Model D2XX dan meningkatkan nilai level sigma yang semula 3,255 sigma menjadi 3,55 sigma dengan asumsi hasil rancangan produk usulan telah diimplementasikan dan jenis cacat paint scratch telah hilang seluruhnya

Kata kunci- DMAI, defect, CTQ, QFD

Referensi

Mitra, A. (2016). Fundamentals of Quality Control and Improvement. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Kadim, A. (2017). Penerapan Manajemen Produksi & Operasi di Industri Manufaktur. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Council for Six Sigma Certification. (2018). Six Sigma: A Complete Step-by-Step Guide. Buffalo: C.S.S.C.

Antony, J., Vinodh, S. & Gijo, E. V. (2016). Lean Six Sigma for Small and Medium Sized Enterprises. Boca Raton: CRC Press.

Selvamuthu, D. & Das, D. (2018). Introduction to Statistical Methods, Design of Experiments and Statistical Quality Control. Singapore: Springer.

Zhan, W. & Xuru D. (2016). Lean Six Sigma and Statistical Tools for Engineers and Engineering Managers. New York: Momentum Press.

Ulrich, K. T., Eppinger, S. D. & Yang, M. C. (2020). Product Design and Development 7th Edition. New York: McGraw-Hill.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri