Perancangan Usaha dan Penilaian Kelayakan Investasi Franchise D’kriuk Fried Chicken di Kota Bandung

Penulis

  • Muhammad Rafif Adiguna Telkom University
  • Farda Hasun Telkom University
  • Meldi Rendra Telkom University

Abstrak

Abstrak-Dkriuk Fried Chicken adalah sebuah UMKM di bidang makanan dengan sistem kemitraan atau franchise yang menjual berbagai macam olahan ayam dan non ayam, seperti ayam goreng krispi Original dan hot/pedas, usus krispi, kulit, ati ampela, Kpop, sate, nugget, kentang, dan burger. Berdasarkan hasil wawancara pada beberapa mitra diperoleh informasi bahwa hasil penjualan mereka belum mencapai target dan membuat beberapa pemilik harus menyuntikkan dana untuk dapat menjalankan usaha, sementara ada juga beberapa mitra yang harus tutup. Di sisi lain franchise Dkriuk Fried Chicken memiliki peluang yang baik di Kota Bandung karena minat yang tinggi dari masyarakat terhadap ayam goreng krispi, namun tentunya perlu dilakukan perancangan bisnis dan penilaian kelayakan secara baik. Tugas akhir ini bertujuan untuk melakukan perancangan usaha dan penilaian kelayakan untuk pembukaan gerai Dkriuk Fried Chicken di salah satu lokasi di Kota Bandung. Lokasi yang dipilih adalah di Jalan Gegerkalong Girang. Berdasarkan hasil pengukuran kelayakan untuk pembukaan gerai Dkriuk Fried Chicken di Jalan Gegerkalong untuk perioda analisis selama lima tahun, didapat NPV sebesar Rp202,549,698, IRR sebesar 75.42%, dan PBP selama 1.61 tahun. Usaha ini sensitif terhadap peningkatan harga bahan baku dan penurunan penjualan. Peningkatan harga bahan baku sebesar 8.76% dan penurunan penjualan sebesar 6.61% akan membuat usaha gerai Dkriuk Fried Chicken menjadi tidak layak.

Kata kunci -NPV, IRR, PBP, analisis sensitivitas, Gegerkalong

Referensi

Al Farisi, M. F., & Syifa, Y. A. (2021). Perencanaan Pembuatan Aplikasi Mobile Revalcon Sampit . Jurnal Sistem Komputer dan Informatika, 123-128.

Heryanto, R. M. (2020). Perancangan Tata Letak Fasilitas. Bandung: CV. ALFABETA.

Jumingan. (2018). Studi Kelayakan Bisnis Teori & Pembuatan Proposal Kelayakan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmir, & Jakfar. (2012). Studi Kelayakan Bisnis Edisi Revisi. Depok: KENCANA.

Kasmir, & Jakfar. (2017). Studi Kelayakan Bisnis Edisi Revisi. Depok: KENCANA.

Nurahmi, S., & Rahayu Relawati, I. B. (2021). Analisis Kelayakan Finansial dan Sensitivitas UKM Kue Kering. Jurnal Agribest, 124-130.

Suliyanto, D. (2010). Studi Kelayakan Bisnis Pendekatan Prakttis. Yogyakarta: ANDI.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri