Perancangan Usulan Perbaikan Tata Letak Fasilitas Area Produksi Konveksi CV.XYZ untuk Meminimalkan Jarak Perpindahan Bahan dengan Menggunakan Algortima Blocplan

Authors

  • Rahmi Salsabila Telkom University
  • Pratya Poeri Suryadhini Telkom University
  • Eng Murman Dwi Prasetio Telkom University

Abstract

Abstrak- Konveksi CV.XYZ merupakan salah satu konveksi yang berkembang di Kabupaten Bandung. Konveksi ini memiliki permintaan berbagai macam produk, permintaan produk yang paling banyak diterima oleh Konveksi CV.XYZ adalah produk kaos, kemeja, dan polo. Konveksi ini memiliki tiga area lantai pengamtan yang dilakukan pada lantai area produksi. Saat ini, area lantai produksi belum menggunakan konsep tata letak yang baik, sehingga penempatan fasilitas saat ini mengalami permasalahan terjadinya besarnya jarak perpindahan bahan. Berdasarkan permasalahan yang ada penelitian ini melakukan proses perancangan tata letak usulan untuk meminimalkan jarak perpindahan bahan pada setiap aliran produk dengan menggunakan metode BLOCPLAN. Hasil proses perancangan tata letak usulan dapat meminimalkan jarak perpindahan bahan denga total jarak perpindahan seluruh aliran sebesar 23,8%, aliran produk 1 dapat menimalkan jarak perpindahan sebesar 11,9%, aliran produk 2 dapat meminimalkan jarak perpindahan sebesar 43%, dan aliran produk 3 dapat meminimalkan jarak perpindahan sebesar 46%.

Kata kunci- Aliran Perpindahan Bahan, Tata Letak Fasilitas, BLOCPLAN

References

Wignjosoebroto, S. (2009). Tata Letak Pabri dan Pemindahan Bahan. Guna Widya.

Hadiguna, R. A., & Setiawan, H. (2008). Tata Letak Pabrik. Andi Publisher

Lingtajati, A. S. (2020). ANALISIS PERANCANGAN TATA LETAK PABRIK PT. XYZ. Jurnal Sains dan Teknologi Vo.20 No.2.

Arham, Asngadi , & Syamsuddin. (2018). ANALISIS EFEKTIFITAS DAN EFESIENSI TATA LETAK PABRIK TAHU SUPER AFIFAH DI KELURAHAN NUNU KECAMATAN TATANGA PALU BARAT. JURNAL ILMU MANAJEMEN UNIVERSITAS TADULAKO, 253-264.

Heizer, J., & Render , B. (2004). Manajemen Operasi. Salemba Empat.

Purnomo, H. (2004). Perencanaan dan Perancangan Fasilitas. Graha Ilmu.

Downloads

Published

2023-06-27

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Industri