Perancangan Website Tracking Process dan Time Reminder Pada Proses Pencairan Dana Beasiswa Eksternal di Universitas Telkom dengan Pendekatan Business Process Improvement (BPI) dan Pendekatan SCRUM

Penulis

  • Fathia Nafila Ghina Telkom University
  • Wiyono Sutari Telkom University
  • Sheila Amalia Salma Telkom University

Abstrak

Abstrak-Universitas Telkom merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang berlokasi di Kota Bandung. Universitas Telkom memberikan kemudahan bagi mahasiswanya dalam segi pembayaran uang kuliah melalui beasiswa internal maupun eksternal. Ketepatan waktu dalam proses pencairan dana beasiswa hingga potongan BPP tercantum dalam iGracias sangat diharapkan oleh mahasiswa penerima beasiswa. Proses pencairan dana beasiswa eksternal yang ada di Universitas Telkom masih membutuhkn waktu yang cukup lama, bahkan mendekati batas akhir registrasi dan melewati batas pembayaran BPP. Dari kondisi aktual diketahui bahwa proses pemantauan masih dilakukan manual dengan pengecekan setiap hari dan masih terdapat aktivitas-aktivitas yang dilakukan manual. Perbaikan proses bisnis eksisitng dilakukan dengan menggunakan pendekatan business process improvement dengan tools yang dipakai yaitu improvement technique wheel. Sedangkan metode yang digunakan dalam proses perancangannya yaitu pendekatan scrum. Hasil dari penelitian ini berupa usulan perancangan website tracking process dan time reminder yang dapat mengotomatisasi aktivitas-aktivitas yang sebelumnya masih dikerjakan secara manual. Fitur tracking process dapat digunakan oleh penerima beaisswa untuk melihat proses yang dijalankan sudah sampai mana, sedangkan fitur time reminder berfungsi untuk memberikan pesan otomatis terkait tenggat waktu kepada pihak yang bersangkutan.

Kata kunci - business process improvement (BPI), improvement technique wheel, scrum

Referensi

F. Ilham Achmad and G. Permata Liansari, “BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT UNTUK PROSES PENJUALAN, PRODUKSI DAN PEMBELIAN DI CV. CAHAYA ABADI TEKNIK,” Jurnal Online Institut Teknologi Nasional Januari, vol. 4, 2016.

F. Nova Lenti, “REKAYASA PROSES BISNIS PADA E-COMMERCE B2B-B2C MENGGUNAKAN SISTEM AFILIASI,” 2017.

J. Hutagalung, N. Y. Setiawan, and R. I. Rokhmawati, “Analisis dan Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus: Penginapan Griya Brawijaya),” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

S. Page, The Power of Business Process Improvement: 10 Simple Steps to Increase Effectiveness, Efficiency, and Adaptability, 2nd ed. New York: AMACOM, 2010. [Online]. Available: www.amacombooks.org

M. A. Ramdhani, “PEMODELAN PROSES BISNIS SISTEM AKADEMIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS PROCESS MODELLING NOTATION (BPMN) (STUDI KASUS INSTITUSI PERGURUAN TINGGI XYZ),” Jurnal Informasi, vol. VII, Nov. 2015.

A. Herliana and P. M. Rasyid, “SISTEM INFORMASI MONITORING PENGEMBANGAN SOFTWARE PADA TAHAP DEVELOPMENT BERBASIS WEB,” Jurnal Informatika, vol. III, no. 1, 2016.

H. R. Suharno, N. Gunantara, and M. Sudarma, “Analisis Penerapan Metode Scrum Pada Sistem Informasi Manajemen Proyek Dalam Industri & Organisasi Digital,” Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, vol. 19, no. 2, p. 203, Dec. 2020, doi: 10.24843/mite.2020.v19i02.p12.

M. T. Prihandoyo, “Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,” Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), vol. 03, Jan. 2018.

S. L. Ramadhan, I. Fitri, and A. Rubhasy, “Perancangan User Experience Aplikasi Pengajuan E-KTP Menggunakan Metode UCD Pada Kelurahan Tanah Baru,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 8, Mar. 2021, [Online]. Available: http://jurnal.mdp.ac.id

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri