Rancangan Perbaikan Alur Proses Produksi Obat P di PT. XYZ untuk Mengurangi Waktu Proses dengan Mtode Business Process Improvement

Penulis

  • Yoseph Caesario Nugroho Sinaga Telkom University
  • Marina Yustiana Lubis Telkom University
  • Yunita Nugrahaini Telkom University

Abstrak

Abstrak-PT. XYZ merupakan perusahaan yang mengembangkan obat-obat untuk masyarakat, salah satunya adalah Obat P. PT. XYZ memiliki target jumlah output proses produksi Obat P 12 lot per minggu. Namun, target tersebut belum tercapai dengan rata-rata jumlah output 6 lot. Pencapaian target dipengaruhi oleh proses produksi. Efektivitas proses produksi diukur dengan waktu standar. PT. XYZ menetapkan waktu standar proses produksinya, yang meliputi tahap prepraration, running, dan cleaning. Namun, ada beberapa waktu aktual proses produksi yang melebihi waktu standar. Hal tersebut disebabkan beberapa hal, seperti aktivitas sama yang dilakukan berulang-ulang. Perancangan perbaikan pada penelitian ini menggunakan metode business process improvement untuk mengurangi waktu proses. Akan dilakukan streamlining pada proses produksi yang meliputi penghapusan non value added activities dan penggabungan aktivitas. Lalu, dari hasil rancangan perbaikan akan dimodelkan menggunakan business process modelling notation. Dari rancangan perbaikan, waktu proses berkurang 55 menit untuk proses produksi tanpa tahap cleaning dan 406 menit untuk proses produksi dengan tahap cleaning.

Kata Kunci-proses produksi, business process improvement

Referensi

R. F. Kutika, D. P. Saerang and N. Y. Gerungai, "Analisis Non Value Added Activity melalui Penerapan Activity Based Management untuk Meningkatkan Efisiensi PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk Cabang Belitung," Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, p. 404, 2018.

U. Duwila, "Pengaruh Produksi Padi terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Waeapo Kabupaten Buru," Jurnal Ekonomi, p. 150, 2015.

I. F. Hidayah and K. , "Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan Business Process," Jurnal Riset dan Konseptual, pp. 70-72, 2020.

W. "Analisis Proses Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Konveksi Ryan Collection di Kabupaten Kudus," Jurnal Administrasi Bisnis, pp. 26-27, 2017.

H. G. Daellenbach and D. C. McNickle, Management Science Decision Making Through System Thinking, New York: Palgrave Macmillan, 2005.

M. L. Arisandra, "Penetapan Standar Waktu Proses dalam Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi pada Perusahaan Batik Tulis Rusdi Desa Sumurgung Kecamatan Tuban-Tuban," Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, pp. 50-51, 2016.

I. Idris and S. N. Pohan, "Penentuan Waktu Standar Bagian Produksi pada CV. Sanggar Putra Kalingga Medan," Jurnal Teknovasi, p. 16, 2014.

F. R. Nanda, H. Tolle and D. Priharsari, "Analisis dan Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus : Bidang Usaha Perikanan Lele di PT. MaksiPlus Utama Indonesia)," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, pp. 3365-3366, 2020.

N. K. Budiartami and I. W. K. Wijaya, "Analisis Pengendalian Proses Produksi untuk Meningkatkan Kualitas Produk pada CV. COK Konfeksi di Denpasar," Jurnal MBE, p. 16, 2019.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri