Usulan Perbaikan Proses Obras untuk Meminimasi Defect Produk Cardigan Rajut di XYZ Collection Menggunakan Metode Perancangan QFD

Authors

  • Chandika Ivano Telkom University
  • Marina Yustiana Lubis Telkom University
  • Sheila Amalia Salma Telkom University

Abstract

Abstrak-XYZ Collection merupakan perusahaan yang memproduksi cardigan rajut dengan menggunakan sistem make to order. Berdasarkan data produksi produk cardigan rajut, defect terjadi pada setiap periode yang melebihi batas toleransi yang telah ditetapkan sebesar 2% oleh perusahaan. Salah satu proses yang bermasalah yaitu proses obras dikarenakan terdapat kinerja proses masih belum memenuhi standar persyaratan proses sehingga output yang dihasilkan tidak sesuai dengan spesifikasi perusahaan. Untuk memperbaiki proses obras yang bermasalah dan dapat meminimasi defect yang muncul, maka dilakukan perancangan alat bantu check sheet yang terintegrasi dengan mesin obras agar operator dapat memastikan keadaan mesin sebelum digunakan dengan menggunakan metode QFD. Perancangan alat bantu check sheet yang terintegrasi dengan mesin obras diharapkan dapat meminimasi defect yang terjadi pada proses obras dan meningkatkan kapabilitas proses dengan pengukuran level sigma eksisting sebesar 3,666 sigma menjadi 4,182 sigma.

Kata kunci-DMAI, check sheet, QFD, six sigma

References

Djoko Adi Walujo, T. K. (2020). PENGENDALIAN KUALITAS. Surabaya: SCOPINDO MEDIA.

Salahudin. 2016. Panduan Pengerjaan Proyek Six Sigma. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Stern, T. V. (2019). Leaner Six Sigma: Making Lean Six Sigma Easier and Adaptable to Current Workplace. Oxon: Productivity Press.

Antony, J., Vinodh, S., & Gijo, E. (2016). Lean Six Sigma for Small and Medium Sized. Florida: CRC Press.

Ulrich, K. T., & Eppinger, S. D. (2016). Product Design and Development. New York: McGraw-Hill.

Suseno, Theodossy, T., & Huvat, T. (2019). PERANCANGAN ALAT PANGGANGAN OTOMATIS MENGGUNAKAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT). Jurnal Teknologi, 12.

Charron, R., Harrington, H. J., Voehl, F., & Wiggin, H. (2015). The Lean Management Systems Handbook. Boca Raton: CRC Press.

Downloads

Published

2023-06-27

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Industri