Pembangunan Dashboard Operasional pada Sistem Informasi Pengelolaan Bank Sampah Menggunakan Metode Extreme Programming (Studi Kasus Bank Sampah Bersinar)

Authors

  • Aisyah Fitri Telkom University
  • Faishal Mufied Al Anshary Telkom University
  • Irfan Darmawan Telkom University

Abstract

Abstrak-Bank Sampah Bersinar merupakan bank sampah terbesar yang dikelola oleh PT. Solusi Rahayu Indonesia terletak di provinsi Jawa Barat. Bank Sampah Bersinar melayani wilayah kota Bandung, kabupaten Bandung, kabupaten Bandung Barat dan kota Cimahi. Sejak tahun 2014, Bank Sampah Bersinar memiliki 11.000 nasabah dan 655 bank sampah unit terdaftar serta telah mengedukasi tentang pengelolaan sampah di lebih dari 1.500 lokasi. Bank sampah bersinar menawarkan program bank sampah keliling dan program household waste management (HWM). Data yang dihasilkan cukup banyak sehingga sering menjadi kendala saat akan dilakukan evaluasi bulanan. Hal tersebut menyebabkan penambahan beban kerja kepada karyawan Bank Sampah Bersinar. Media penyimpanan data yang digunakan saat ini di Bank Sampah Bersinar memiliki kekuarang yaitu belum terintergrasi dengan sumber data yang dihasilkan dari transaksi bank sampah keliling dan household waste management. Sehingga, dibutuhkan sebuah website dashboard untuk melakukan monitoring target dan laporan ke manajer yang terintegrasi dengan bagian petugas angkut dan nasabah. Dashboard dibangun dalam bentuk website dengan metode extreme programming. Implementasi website dashboard admin di Bank Sampah Bersinar menggunakan framework Laravel, serta pengujian menggunakan metode blackbox dan user acceptance test. Berdasarkan hasil pengujian, website dashboard admin dapat diterima oleh tim internal Bank Sampah Bersinar dengan hasil user acceptance test sebesar 90,67%.

Kata Kunci-bank sampah, extreme programming, dashboard, website

References

H. Ari Setiaji, “Dashboard Information Untuk Sistem Nilai Kinerja Dosen Dengan Pendekatan Data Centric”.

I. Mariza, “Pengukuran Kinerja dengan Balanced Scorecard (Ita Mariza).”

M. A. Chamida, A. Susanto, dan A. Latubessy, “ANALISA USER ACCEPTANCE TESTING TERHADAP SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN BEDAH RUMAH DI DINAS PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PERMUKIMAN KABUPATEN JEPARA,” Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), vol. 3, no. 1, hlm. 36–41, Des 2021, doi: 10.24176/ijtis.v3i1.7531.

R. T. Aldisa, “Application of the System Development Life Cycle Method for the South Jakarta Area Search System with User Acceptance Test,” International Journal of Information System & Technology Akreditasi, vol. 6, no. 158, hlm. 119–126, 2022.

Downloads

Published

2023-06-27

Issue

Section

Program Studi S1 Sistem Informasi