Penerapan Metode Extreme Programming pada Pembangunan Sistem Informasi Pengelolaan Bank Sampah Proses Transaksi (Studi Kasus : Bank Sampah Bersinar)

Penulis

  • Nur Intan Sari Telkom University
  • Faishal Mufied Al Anshary Telkom University
  • Irfan Darmawan Telkom University

Abstrak

Abstrak-Bank sampah merupakan tempat pengelolaan sampah lingkungan yang dilakukan dengan cara mendaur ulang sampah menjadi produk yang bernilai ekonomis bagi masyarakat. Bank sampah kini sudah berkembang di kota-kota besar di Indonesia seperti salah satunya Bank Sampah Bersinar yang terletak di Jl. Terusan Bojongsoang No.174, Baleendah, Kabupaten Bandung. Bank Sampah Bersinar menawarkan 3 layanan yaitu, layanan drop off sampah, bank sampah keliling, dan household waste management. Ketiga layanan ini digunakan untuk menyetorkan sampah dan masyarakat akan mendapatkan hasil pendapatan setor sampah berupa uang tunai yang dikirimkan ke nomor rekening nasabah. Namun, saat ini sistem informasi yang digunakan oleh bank sampah bersinar masih hanya memenuhi kebutuhan database nasabah bank sampah saja. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah perancangan sistem informasi Bank Sampah Bersinar untuk mengelola bank sampah agar penanganan sampah dapat dilakukan secara sistematis dan terintegrasi. Sistem informasi ini berfokus pada proses transaksi, yaitu proses untuk mengelola transaksi yang dilakukan nasabah dari saat pemesanan layanan hingga dapat melihat riwayat transaksi setor sampahnya. Pengembangan website Bank Sampah Bersinar menggunakan framework laravel serta menggunakan metode Extreme Programming dengan tahapannya yaitu planning, design, coding, dan testing. Selanjutnya penelitian ini menggunakan metode Blackbox Testing dan User Acceptance Testing untuk tahap uji coba website.

Kata Kunci-bank sampah, transaksi, extreme programming, blackbox testing, user acceptance testing

Referensi

Pinheiro, T. (2015), Waste Banks and Trading Platforms Make Waste a Valuable Resource., Worldwatch Insitute Europe.http://www.worldwatch-europe. org., (Diakses 27 November 2021)

Mohsin, M. & Chinyama, A. (2016). Impacts of Solid Waste Management Practices on Environment and Public Health: A Case of Bahawalpur City, Pakistan. Journal of Environmental and Agricultural Sciences, 9, 69-79.

Purnomosari, A. (2019). SISTEM TRANSAKSI JUAL BELI DI PASAR TRADISIONAL MENURUT EKONOMI ISLAM DALAM MEMINIMALISIR PRAKTIK DISTORSI PADA PEDAGANG DI PASAR NGANTRU DAN PASAR KUCEN TULUNGAGUNG.

Munawir, M. (2015). Bank Sampah: Upaya Pemberdayaan Masyarakat Dan Penanganan Lingkungan. BBM (Buletin Bisnis & Manajemen), 1(02).

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat (2021). Jumlah Penduduk Menurut Kabupaten/Kota (Jiwa) 2018-2020 in Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. https://jabar.bps.go.id/indicator/12/133/1/jumlah-penduduk-menurut-kabupaten-kota.html (Diakses 16 Januari 2022)

Supriyatna, A. (2018). Metode Extreme Programming Pada Pembangunan Web

Aplikasi Seleksi Peserta Pelatihan Kerja. Jurnal Teknik Informatika, 11(1), 1–18.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Sistem Informasi