Perancangan Back-End Website Peminjaman Ruangan Tel-U Dengan Metode Waterfall

Authors

  • Muhammad Afif Rizqi Telkom University
  • Irfan Darmawan Telkom University
  • Ekky Novriza Alam Telkom University

Abstract

Abstrak-Peminjaman ruangan adalah aktivitas yang selalu dilakukan oleh warga Telkom University dalam kegiatan perkuliahan. Warga Telkom University meminjam ruangan untuk melakukan aktivtias perkuliahan diluar jadwal tetap yang ditentukan oleh universitas. Seperti meminjam ruangan untuk melakukan kelas pengganti, melakukan rapat, kumpul sosial, dll. Dengan banyaknya peminjaman ruangan yang terjadi, pihak logistik tidak mudah memonitor data peminjaman ruangan yang masih disimpan dalam bentuk microsoft excel. Untuk mengatasi hal tersebut, pihak logistik memberikan solusi dengan membuat website peminjaman ruangan Tel-U yang akan mengatasi semua peminjaman ruangan dalam Telkom University. Dengan website ini, pihak logistik pun akan dapat mengumpulkan data dalam satu database. Agar website ini dapat berjalan dengan baik, kami memilih menggunakan framework Laravel dengan menggunakan database MySQL. Penelitian ini akan menggunakan metode waterfall dikarenakan requirement yang tidak terlalu rumit dan sudah jelas untuk fitur-fitur yang diinginkan dan dibutuhkan oleh para pengguna. Penelitian ini berhasil mengembangkan back-end yang sudah diuji menggunakan unit testing yang termasuk kedalam white box testing. Dari hasil unit testing, dapat disimpulkan bahwa back-end website peminjaman ruangan Tel-U telah memenuhi kebutuhan dan dapat digunakan.

Kata Kunci- peminjaman ruangan, back-end, waterfall, website

References

. Suhartanto, M. (2012). Pembuatan Website Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Delanggu Dengan Menggunakan Php Dan MySQL . Journal Speed Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 2.

. Yuliano, T. (2007). Pengenalan PHP. Retrieved from IlmuKomputer: ilmukomputer.org

. Suryana, T. (2014). Aplikasi Internet Menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript. Jakarta: Elexmedia Komputindo Gramedia.

. Rini Sovia, J. F. (2011). MEMBANGUN APLIKASI E-LIBRARY MENGGUNAKAN HTML, PHP SCRIPT,. Jurnal PROCESSOR, 43,55.

. Pressman, R. S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak – Buku Satu, Pendekatan Praktisi (Edisi 7). In R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak – Buku Satu, Pendekatan Praktisi (Edisi 7). Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2023-06-27

Issue

Section

Program Studi S1 Sistem Informasi