Perancangan Enterprise Architecture Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik pada Fungsi Kesehatan Masyarakat dengan Menggunakan Metodologi Togaf ADM (Studi Kasus: Dinas Kesehatan Jawa Barat)

Penulis

  • Bayu Herdian Telkom University
  • Yuli Adam Prasetyo Telkom University
  • Fitriyana Dewi Telkom University

Abstrak

Abstrak-Semakin berkembangnya zaman, teknologi berkembang semakin maju. Teknologi merupakan alat untuk membantu atau menunjang kehidupan manusia baik individu maupun berkelompok. Manusia dulunya menjalankan suatu aktifitasnya secara manual atau konvensional hingga pada zaman ini manusia sudah dibantu dengan adanya teknologi seperti internet, komputer, dsb. Hal tersebut berdampak pada instansi pemerintahan pada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat pada fungsi kesehatan yang dalam menjalankan kegiatannya memerlukan teknologi yang canggih seperti sekarang ini. Tetapi, permasalahan yang dihadapi oleh instansi pemerintahan pada saat ini yaitu tidak adanya sistem yang memadai dalam menjalankan proses kegiatannya dengan teknologi yang sesuai. Untuk itu dalam memecahkan suatu masalah tersebut, diperlukan solusi yang mutakhir yaitu membuat suatu Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dimana sistem ini dapat membantu kegiatan internal atau eksternal instansi pemerintahan berjalan lebih efektif dan efisien. Kegiatan yang dulunya dapat memakan waktu yang lama kini hanya memerlukan waktu yang tidak memakan waktu yang banyak. Hasil yang diharapkan pada pembuatan sistem pemerintahan berbasis elektronik ini yaitu berupa bluperint of Enterprise Architecture sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Apatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2018 mengenai Penyusunan Peta Proses Bisnis Instansi Pemerintah.

Kata kunci-permenpan, SPBE, blueprint enterprise architecture, proses bisnis

Referensi

KEMENTERIAN PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA. (2018). PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA. 2018. Indonesia: Berita Negara Republik Indonesia.

Afif, M. (2017). PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE. Jurnal String Vol. 2 No. 1 Agustus 2017, 120.

Hevner, A., & Chatterjee, S. (2010). Design Research in Information Systems. New York: Springer Science+Business Media.

Kementerian Pendayagunaan Apatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (2019, Oktober 3). Piloting SPBE 2019 di Jawa Barat. Retrieved from Kementerian Pendayagunaan Apatur Negara dan Reformasi Birokrasi: https://www.menpan.go.id/site/berita-foto/piloting-spbe-2019-di-jawa-barat

Murti, D. N., Prasetyo, Y. A., & Fajrillah, A. A. (2017). PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DI UNIVERSITAS TELKOM MENGGUNAKAN TOGAF ADM. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri, 49.

Ns. Nurhalimah. (2016). Keperawatan Jiwa. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat. (2018). LKIP 2018 (Laporan Kinerja Instansi Pemerintah). Bandung: Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

Pradnyana, I. A., Permana, A. J., & Putrama, I. M. (2017). IMPLEMENTASI KONSEP PERANCANGAN MODEL KONSEPTUAL BASIS DATA STUDI KASUS: PERANCANGAN BASIS DATA SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI BEASISWA DI UNDIKSHA. Seminar Nasional Vokasi dan Teknologi (SEMNASVOKTEK), 90.

Presiden Republik Indonesia. (2018, Oktober 2). PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA No 95 Tahun 2018 TENTANG SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia: Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Setiawan, E. B. (2009). PEMILIHAN EA FRAMEWORK. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009), 118.

Telkom University. (2019, February 28). Pendampingan Penyusunan Kebijakan dan Prosedur Tata Kelola Teknologi Informasi pada Diskominfo Jabar. Retrieved from Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat: https://ppm.telkomuniversity.ac.id/pendampingan-penyusunan-kebijakan-dan-prosedur-tata-kelola-teknologi-informasi-pada-diskominfo-jabar/

The Open Group. (2006). Introduction Togaf 8.1. Retrieved from Togaf 8.1: https://pubs.opengroup.org/architecture/togaf8-doc/arch/chap01.html

The Open Group. (2011). TOGAF Standard Courseware V9.1 Edition. Copyright 2009-2011, The Open Group .

The Open Group. (2011). TOGAF Version 9.1. 2009-2011 The Open Group.

The Open Group. (2018). Introduction to Part II. Retrieved from Togaf 9.2: https://pubs.opengroup.org/architecture/togaf9-doc/arch/

Urbaczewski, L., & Mrdalj, S. (2006). A COMPARISON OF ENTERPRISE ARCHITECTURE FRAMEWORKS. Issues in Information Systems, 19.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Sistem Informasi