Pengembangan Aplikasi Tes Penilaian Diri PTSD dan Konsultasi Online dengan Psikolog Menggunakan Metode Design and Development

Authors

  • Dani Andhika Permana Telkom University
  • Dana Sulistyo Kusumo Telkom University
  • Shinta Yulia Puspitasari Telkom University

Abstract

Abstrak-Salah satu cara dalam mengatasi gangguan PTSD yaitu dengan menyediakan wadah dalam melakukan self-assessment atau penilaian diri PTSD untuk mengukur tingkat keparahan gejala serta wadah untuk terhubung dengan psikolog dalam bentuk konsultasi sebagai langkah mendiagnosis dan mengatasi PTSD. Maka diperlukannya platform dalam bentuk aplikasi yang dikhususkan untuk tes penilaian diri PTSD dan berkonsultasi langsung dengan psikolog secara online. Penelitian ini akan menggunakan metode Design and Development (D&D) untuk menghasilkan aplikasi yang dapat melakukan tes penilaian diri PTSD dan berkonsultasi langsung dengan psikolog secara online. Metode D&D dipilih dikarenakan menggunakan alur proses perencanaan, produksi, dan evaluasi validitas aplikasi yang telah dihasilkan dengan tujuan untuk menghasilkan produk atau aplikasi sesuai kebutuhan berdasarkan kaidah atau aturan yang ada serta penilaian dari pengguna dan para ahli, yaitu tenaga psikolog dan dosen aktif dari Fakultas Informatika di Universitas Telkom. Penelitian ini menghasilkan tahapan desain dan pengembangan serta produk berupa aplikasi berpredikat “Sangat Baik” dengan persentase penilaian 100% dari ahli media dan ahli materi serta 83,3% dari pengguna.

Kata kunci-PTSD, tes penilaian diri, konsultasi online, psikolog, design and development

References

Ekasari, A., & Suhertin. (2012). Control Diri dan Dukungan Teman Sebaya dengan Coping Stres Pada Remaja. Jurnal soul Vol. 5 No. 2. Indonesia.

Pertiwi, S. D., & Nuffida, N. E. (2017). Penanganan Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) pada Korban Bencana Lumpur Sidoarjo dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku. Jurnal sains dan seni pomits Vol. 6 No. 1. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Nawangsih, E. (2014). Play Therapy Untuk anak-anak Korban Bencana Alam Yang Mengalami Trauma (Post Traumatic Stress Disorder/PTSD). Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol. 1 No. 2. Bandung : Universitas Islam Bandung.

McCarthy, S. (2008). Post-Traumatic Stress Diagnostic Scale (PDS). Occupational Medicine 2008;58:379. Inggris Raya : Lansdowne Clinic.

Sari, N. I. (2020). Penggunaan mHealth Mampu Memperbaiki Perilaku Kesehatan Pasien Penyakit Tidak Menular. Bikfokes Volume 1 Edisi 1. Depok : Universitas Indonesia.

The National Institute of Mental Health. (2019). Post-Traumatic Stress Disorder. Accessed on: July 26, 2021. [Online]. Available: https://www.nimh.nih.gov/health/topics/post-traumatic-stress-disorder-ptsd.

Richey, R. C., & Klein, J. D. (2007). Design and Development Research: Methods, Strategies, and Issues. New York : Routledge.

Tracey, M. (2009). Design and Development Research: A Model Validation Case. Educational Technology Research and Development, Vol. 57 No. 4. Michigan : Wayne State University.

Taluke, D., Lakat, R.S., & Sembel, A. (2019). ANALISIS PREFERENSI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN EKOSISTEM MANGROVE DI PESISIR PANTAI KECAMATAN LOLODA KABUPATEN HALMAHERA BARAT. Jurnal Spasial Vol 6. No. 2. Manado : Universitas Sam Ratulangi.

Spector, J. M., Merrill, M. D., Elen, J., & Bishop, M. J. (2013). Handbook of Research on Educational Communications and Technology Fourth Edition. Berlin : Springer Science & Business Media.

Pratiwi, & Cahya, M. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY POCKET BOOK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR (STUDI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERDASARKAN METODE DESIGN AND DEVELOPMENT). S1 thesis. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Savira, & Rara, S. (2020). PENGEMBANGAN MODUL AUTOCAD UNTUK MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN INTERIOR GEDUNG SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-06-27

Issue

Section

Program Studi S1 Informatika