Penggunaan Model Black-Littermann dalam Optimasi Portfolio untuk Investor Aktif pada Saham dalam Indeks LQ45

Penulis

  • Ridhwan Rifky Herlansyah Telkom University
  • Deni Saepudin Telkom University

Abstrak

Abstrak-Di era yang sudah modern ini, sangat mudah untuk membuat sebuah portofolio investasi, portofolio investasi bisa dibentuk dengan cara membeli saham. Dengan menciptakan portofolio investasi, kita bisa mengharapkan nilai pengembalian yang menjadikan sebuah keuntungan. Akan tetapi ada juga nilai resiko yang akan didapatkan ketika kita membeli saham. Dalam tugas akhir ini akan dibahas mengenai penggunaan Model Black-Litterman dalam pengoptimasian portofolio untuk investor aktif. Model Black-Litterman merupakan salah satu model yang bisa digunakan untuk melakukan optimasi portofolio investasi, Model Black-Litterman memberikan informasi tambahan untuk nilai pengembalian dan nilai resiko berdasarkan pandangan para ahli. Berdasarkan beberapa pengujian yang telah dilakukan selama penelitian dengan hari yang berbeda, nilai pandangan investor akan selalu berbeda di tiap hari harinya, nilai pandangan yang optimis akan memberikan dampak yang baik pada saham tersebut, meskipun harga saham sedang turun, jika pandangan investor menyatakan optimis, bobot saham tersebut akan tetap tinggi. Berdasarkan pengujian skenario 1, kombinasi terbaik adalah ketika menggunakan risk aversion 0.1 dan nilai investor 0.3 dengan nilai rata rata return yang didapat adalah 0.00657 dan standar deviasinya 0.02754, pada pengujian skenario 2 dengan menggunakan kombinasi terbaik mendapatkan nilai rata rata return sebesar 0.0150 dan standar deviasi 0.0556, dan saat pengujian skenario 3 mendapatkan nilai rata rata return sebesar 0.0225 dan standar deviasi 0.1889.

Kata kunci-portofolio investasi, optimasi portofolio, model black-litterman

Referensi

J Todor Stoilov, Krasimira Stoilova, Miroslav Vladimirov, “Application of modified Black-Litterman model for active portfolio management." 2021.

Viktor oliinyk and Olga Kozmenkom, “Optimization of Investment Portfolio Management." 2019.

Omer CAYIRLI, “The Black-Litterman Model: Extensions and Asset Allocation." 2019.

Liangyu Min, Jiawei Dong, Dewen Liu, Xiangxi Kong, “A Black- Litterman Portfolio Selection Model with Investors Opinions Generating from Machine Learning Algorithms." 2021.

Riza Merinda, "MEASUREMENT PERFORMANCE PORTFOLIO OPTIMAL USE MODEL BLACK LITTERMAN BASED ON INDEX SHARPE (Studies Case on Companies Listed on the IDX30 Index for the Period of February 2012- December 2014).” 2016.

E. Soeryana, N. Fadhlina, Sukono, E. Rusyaman, S. Supian, “Mean- variance portfolio optimization by using time series approaches based on logarithmic utility functions." 2017.

Juni Meli Indrasari. tumpal P Nababan. bustami, "APPLICATION MODEL BLACK LITTERMAN IN DETERMINE OPTIMIZATION INVESTMENT PORTFOLIO.” 2016.

Nhat NGUYEN. Trung NGUYEN. Sir TRAN. An MAI, “Shrinkage Model Selection for Portfolio Optimization on Vietnam Stock Markets". 2020

Caresa Juwana. "STUDIES COMPARISON METHOD CAPM AND APT ON COMPANY SECTOR MANUFACTURE LISTED ON THE INDONESIA STOCK EXCHANGE PERIOD 2008 – 2013”. 2015

Matteo Rossi. “The capital asset pricing model: a critical literature reviews". 2016

Samithamby Senthilnathan. “ Risk, Return and Portfolio Theory – A Contextual Notes". 2016

Fred Mayambala. “Mean-Variance Portfolio Optimization: Eigendecomposition-Based Methods". 2015

Eka swastika, Johannes kho, Rolan pane. "USE WEIGHTING MODEL BLACK LITTERMAN IN DETERMINE VALUE AT RISK ON PORTFOLIO INVESTATION". 2015

Simon Agerkvist Aggerholm. “Active vs. Passive Investing". 2019

Cynthia Eka Violita, Prof. Dr. Sri Maemunah Soeharto. SE. “Stock Liquidity and Stock Return. 2019.

Olivier Ledoit, Michael Wolf. “Improved Estimation of The Covariance Matrix of Stock Returns with an Application to Portfolio Selection”. 2002.

Desak Gede Sinta Putri Pracanda. Nyoman Abundanti2. “PEMBENTUKAN PORTOFOLIO OPTIMAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MARKOWITZ PADA SAHAM INDEKS IDX30 DI BURSA EFEK INDONESIA”. 2017

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Informatika