Analisis dan Evaluasi User Experience Membaca Buku Digital pada Aplikasi Buku Digital Menggunakan Heart Framework (Studi Kasus: Gramedia Digital)

Penulis

  • Mayang Pristantya Telkom University
  • Indra Lukmana Sardi Telkom University
  • Angelina Prima Kurniati Telkom University

Abstrak

Abstrak-Seiring berkembangnya dunia digital sekarang ini, buku digital juga saat ini sudah semakin banyak diminati di kalangan pembaca buku di Indonesia. Di era digital sekarang ini, teknologi dalam bidang literasi juga semakin berkembang. Sudah banyak platform yang menyediakan buku digital, salah satunya aplikasi buku digital. Saat ini sudah banyak bermunculan berbagai aplikasi buku digital yang familiar di kalangan penggemar buku lokal maupun internasional. Berdasarkan survey pra-riset yang sudah dilakukan, aplikasi Gramedia Digital menjadi salah satu aplikasi buku digital yang banyak digunakan oleh pembaca buku di Indonesia. Berdasarkan hasil pra- riset yang sudah dilakukan kepada 21 orang, ditemukan beberapa fakta yang muncul dari pengguna aplikasi Gramedia Digital. Hal-hal tersebut dinilai dapat mempengaruhi kenyamanan dan kepuasan pengguna dalam membaca buku digital. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengukur UX kepada pengguna aplikasi Gramedia Digital menggunakan HEART Framework. HEART (Happiness, Engangement, Adoption, Retention, Task Success) Framework, dipilih untuk dapat menentukan user-centered metric agar sesuai dengan kebutuhan pengguna. Melalui pengukuran UX pada aplikasi Gramedia Digital diharapkan akan muncul saran dan perbaikan dengan melakukan re-design dengan menggunakan metode UCD (User-Centered-Design) pada aplikasi Gramedia Digital.

Keywords-User Experience, HEART Framework, User-Centered-Design, Digital Book, Gramedia Digital

Referensi

Winatha 2020, Buku Digital Salah Satu Upaya Tingkatkan Minat Baca Milenial. [Online] Available at: https://www.balipost.com/news/2020/01/19/99433/Buku-Digital,Salah-Satu-Upaya...html

Nugraha, D. (2020) Diskursus Literasi Abad 21 di Indonesia.

Simarmata, J., Sihotang, J. I., Karim, A., Purba, R.A., Hazriani, H., Koibur, M.E., Gustian, D., Siregar, M.N.H., Fadhillah, Y., Jamaludin, J. (2021) Literasi Digital. [Online] Available at: https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=A1JHEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA51&dq=literasi+di gital&ots=hBbL4zHP- h&sig=8sXWOlmlkm4QdIx3L_E356JSCow&redir_esc=y#v=onepage&q=literasi%20digital&f=false

Kurnia, N., Astuti, S.I. (2017) Peta Gerakan Literasi Digital di Indonesia: Studi tentang pelaku, ragam kegiatan, kelompok sasaran dan mitra.

https://katadata.co.id/anshar/infografik/61444fc2145f0/mengenal-literasi-digital

Prasetya, D.D., Gunawan, W.S., & Patmanthara, S. (2017) Desain Template Buku Digital EPUB. [Online] Available at:

https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=hy5MEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA19&dq=buku+digital &ots=hvfGreIfei&sig=szL4x6R3sqoM5efrZ53DPbp7QdM&redir_esc=y#v=onepage&q=buku%20digital& f=false

Ruddamayanti. (2019) Pemanfaatan Buku Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca

Wijayanti, P. H., Fitrisia, T. C., & Mawardah, S. M. (2020) Implementasi Buku Digital Berbasis Aplikasi Flip PDF Professional pada Matakuliah Evaluation im Deutchunterricht.

Aziati, Y. (2020) Analisis Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Mobile Application E- Commerce Shopee Menggunakan Model Delone & Mclean.

Schrepp, M., Hinderks, A., & Thomaschewski, J. (2017) Construction of a Brenchmark for the User Experience Questionnaire (UEQ).

Pratama, A. V., Lestari, A. D., & Aini, Q. (2019) Analisis User Experience Aplikasi Academic Information System (AIS) Mobile Untuk User-Centered Metrics Menggunakan HEART Framework.

Septian, O., Kusuma, W. A., & Wahyuni, E. D. (2018) Analisis Perbandingan Usability Dan User Experience Terhadap E-Trust Pada Situs Ecommerce C2C Menggunakan Heart Dan Pulse Framework.

Kokkinaki, A. (2015) On the Evaluation of OLEs Using Heart Framework.

Emily Bonnie. 2021. How to Use the Google HEART Framework to Measure and Improve Your App’s UX . [Online] available at https://clevertap.com/blog/google-heart-framework/ [accessed at June 22 2022]

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Di Lengkapi Perbandingan Perhitungan Manuak dan SPSS. 335.

Nielsen Jakob. 2000. Why You Only Need to Test with 5 Users. [Online] available at https://www.nngroup.com/articles/why-you-only-need-to-test-with-5-users/ [accessed at September 26 2022]

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknologi Informasi