Pengembangan Odoo Modul Warehouse Pada Gudang Pt. Tarumatex Menggunakan Metode Rapid Application Development

Aldi Mustafri, Deden Witarsyah, R. Wahjoe Witjaksono

Abstract

Odoo adalah software ERP bersifat open source yang memiliki kualitas baik, memiliki banyak fitur penting, memiliki 3572 modul yang dapat dikostumisasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau organisasi. Odoo dikembangkan dengan bahasa pemrograman phyton. Modul yang digunakan pada penelitian ini adalah modul warehouse. Modul warehouse mengatur aktifitas kegiatan yang dilakukan oleh bagian gudang, dimulai dari penerimaan barang masuk, pengecekan, hingga pengiriman barang.
PT. Tarumatex merupakan perusahaan yang bergerak dibidang tekstil yang mengolah benang menjadi kain. Penyimpanan benang dan kain disimpan di gudang perusahaan. Benang yang masuk akan dicatat, kemudian dikirim ke bagian produksi untuk membuat benang menjadi kain, kemudian menerima kain dari bagian inspeksi, dan kain akan dikirim kepada costumer. Permasalahan terletak di pencatatan data kain yang berbeda antara bagian gudang dengan bagian inspeksi, dan akumulasi data keseluruhan. Hal tersebut disebabkan tidak adanya sistem informasi yang dapat mengakomodasi dalam mengatasi masalah ketidaksesuaian data, maka dari itu dibutuhkannya pengembangan Odoo untuk PT. Tarumatex. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Rapid Application Development (RAD), dimana metode ini untuk perancangan sistem perangkat lunak dengan waktu yang relatif singkat dan menghasilkan kualitas yang baik.
Dengan adanya sistem ERP warehouse berbasis Odoo diharapkan untuk siap membantu proses bisnis, dan mengatasi permasalahan pencatatan yang terjadi pada gudang perusahaan PT. Tarumatex. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah melakukan kostumisasi yang mendalam seperti penambahan barcode product.
Kata kunci: ERP, Odoo, modul Warehouse, Rapid Application Development (RAD).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0