Perancangan Karakteristik Dan Skala Pengukuran Kompetensi Karyawan Bidang Keahlian Electrical Pt Dirgantara Indonesia Dengan Metode Seci

Rizki Nasibah Rachmania, Nia Ambarsari, Amelia Kurniawati

Abstract

Pada tahun 2015 PT Dirgantara Indonesia sedang berusaha menyelesaikan pesawat angkut ringan yang cocok diberbagai medan. Guna menunjang kegiatan produksi kegiatan tersebut, maka diperlukan karyawan yang sesuai dan berkompetensi dalam bidang perawatan mesin. Penempatan karyawan yang tidak sesuai dengan kompetensi dapat menurunkan motivasi dan produktivitas karyawan dalam bekerja. Oleh karena itu, akan dilakukan penentuan karakteristik dan skala pengukuran kompetensi karyawan. Karakteristik didapatkan dari hasil breakdown best practice kompetensi, yang kemudian hasil dari breakdown tersebut akan ditentukkan skala pengukuran kompetensi karyawan.

Penelitian diawali dengan mengidentifikasi tacit knowledge yang ada di Supervisor dan karyawan mengenai kompetensi, indikator, cara pengukuran, dan hasil pengukuran untuk kelompok keahlian Electrical, kemudian mentransfer tacit knowledge menjadi explicit knowledge dengan menggunakan metode SECI. Sehingga knowledge nantinya akan digunakan oleh orang lain. Setelah diperoleh, knowledge tentang hasil breakdown kompetensi karyawan dapat memberikan usulan skala pengukuran kompetensi karyawan yang bertujuan untuk mempermudah proses penilaian kompetensi yang dimiliki oleh karyawan keahlian Electrical.

Hasil akhir dari penelitian adalah sebuah breakdown karakteristik karyawan keahlian Electrical yang terdiri dari 12 kompetensi umum, 12 kompetensi khusus, 12 indikator, 16 cara pengukuran, dan 17 hasil pengukuran. Dari kompetensi yang ada, terpilih sebuah rancangan skala pengukuran yang terdapat 5 tingkat skala pengukuran, yaitu skala 1 (sangat kurang), skala 2 (kurang), skala 3 (cukup), skala 4 (diatas rata- rata), dan skala 5 (baik) yang untuk dijadikan sebuah parameter dalam melakukan penilaian kompetensi karyawan.




Kata kunci : Kompetensi, Skala Pengukuran, Electrical, Metode SECI

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0