Pengembangan Modul Sales Management Berbasis Odoo Dengan Metode Accelerated Sap Pada Inglorious Industries

Authors

  • Ibrahim Hanif Alkhalil Telkom University
  • Rd. Rohmat Saedudin Telkom University
  • R. Wahjoe Witjaksono Telkom University

Abstract

Inglorious Industries merupakan UMKM yang bergerak di bidang konveksi pakaian yang didirikan sejak tahun 2010. Inglorious Industries mengalami masalah terkait penjualan seperti duplikasi data yang disebabkan oleh sistem yang belum terintegrasi, baik antara penjualan, produksi, pengadaan, dan gudang maupun antara proses yang ada pada bagian penjualan itu sendiri, seperti pemesanan, invoice, serta pengiriman barang.

Maka dari itu, dilakukanlah pengembangan sistem sales management yang mampu mendukung aktifitas bagian penjualan pada Inglorious Industries. Pengembangan sistem ini dilakukan menggunakan metode Accelerated SAP.

Penulis melakukan analisis terhadap proses bisnis yang sedang berjalan pada Inglorious Industries dan dibandingkan dengan proses bisnis yang ada pada Odoo, terkhusus modul sales management. Berdasarkan perbandingan analisis tersebut maka penulis merancang proses bisnis usulan dan melakukan pengembangan terhadap aplikasi Odoo sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selanjutnya sistem yang telah dirancang akan diuji oleh user yang akan menggunakan sistem ini untuk nantinya diterapkan pada perusahaan.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem sales management pada Odoo yang telah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan akan mampu mempermudah perusahaan dalam mengakses data serta menangani permasalahan yang terkait dengan kegiatan penjualan pada Inglorious Industries.


Kata Kunci: ERP, Sales management, Odoo, Accelerated SAP

Downloads

Published

2016-08-01

Issue

Section

Program Studi S1 Sistem Informasi