Sistem Monitoring Penggunaan Listrik Untuk Audit Energi Pada Bangunan Berbasis Iot

Authors

  • Ahmad Yulianto Bekti Sasmito Universitas Telkom
  • Muhammad Ary Murti Universitas Telkom
  • Azam Zamhuri Fuadi Universitas Telkom

Abstract

Audit energi pada gedung atau bangunan sangatlah penting terutama penggunaan energi listrik, porsi pemakaian serta alokasi dan untuk penyediaan energi listrik merupakan salah satu yang dominan. Langkah untuk menghindari terjadinya pemborosan energi listrik, direktorat pembangunan energi telah membuat petunjuk konservasi energi pada bangunan gedung yang mengkonsumsi energi cukup besar. Pada penelitian ini telah di bangun sistem Audit IKE berbasis IoT yang sesuai dengan peraturan pemerintah SNI 6196 tahun 2011. Merancang sebuah alat untuk mengirim data besaran listrik tiga fasa pada gedung, sistem monitoring audit energi untuk memantau nilai Intensitas Konsumsi Energi (IKE) dengan menggunakan Wi-Fi sebagai sistem komunikasi. Data yang telah tersimpan pada Platfrom IoT dapat diakses pada aplikasi smartphone dan website dashboard monitoring. Perbandingan pembacaan dari tiga jenis kWh meter, kWh Schneider mempunyai rata-rata akurasi 96,83% dan ZIZM194- DAY mempunyai rata-rata akurasi 94,09%, kWh meter berhasil mengirimkan data besaran listrik tiga fasa menuju Antares 100%. Data VPS akan ditampilkan pada aplikasi smartphone dan website monitoring audit energi, data yang ditampilkan pada aplikasi smartphone dan website monitoring 100% berhasil. Perbandingan ukuran data HTTP dan MQTT yang didapatkan yaitu MQTT lebih kecil ukuran data kirim dan data terima.

Kata kunci— Internet of Things, ESP-32, Protokol MQTT, Power Meter, Audit Energif.

References

L. Adam, "DInamika Sektor Kelistrikan di Indonesia, Kebutuhan dan Performa Penyediaan," Ekonomi dan Pembangunan, vol. 24, no. 1,9 September 2016.

F. A. D. Pratama, "Real Tiime Data Longger Untuk KWH Meter Digital TIga Fasa Berbasis Internet Of Things (IOT) dan Clound Stroge," Telkatika, vol. 1, no. 1, 2021.

D. D. Siswanto, Indonesia Outlook 2019, vol. 4, Secretariat General Nation Energy Council, 2019, pp. 187-197.

R. D. d. A. A. I. Nareswara, "Rancangan Bangun Sistem Pengendalian Beban Listrik Berbasis Internet Of Things (IOT)," Jurnal Teknik Elektro, vol. 08, no. 03, pp. 499-506, 18 Juli 2019.

D. H. Dini Mulyani, "Pengaruh Efisiensi Energi Listrik pada Sektor Industri dan Komersial terhadap Permintaan Listrik diIndonesia," Jurnal Ekonomi Kuantitatif

Terapan, vol. 11, no. 4, 2018.

S. Nor, "Penerapan Internet Of Things (Iot) Sebagai Pengendali Peralatan Listrik Dan Pemantau Daya Listrik Berbasis Web," Jurnal EEICT, 2019.

J. B. S. H. Hamdani, "Sistem Kendali Peralatan Elektronik Rumah Tangga Berbasis Internet Of Things Menggunakan Protokol MQTT," Jurnal BITe, vol. 2, 2020.

K. B. A. S. S. Fadlih Adbdi Pratama, "REAL TIME DATA LONGGER UNTUK KWH METER DIGITAL TIGA FASA BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) DAN CLOUND STORAGE," TELKATIKA, vol.

, 2021.

D. P. I. W. S. I Wayan Sukadana1, "Sistem Monitoring dan Audit Energi Listrik Berbasis Internet Of Things,"JTEV (Jurnal Teknik Elektro, vol. 7, pp. 139-149, 2021.

B. G. Melipurbowo, "PENGUKURAN DAYA LISTRIK REAL TIME DENGAN,"ORBITH, vol. 12 no. 20, pp. 17-23, 20

Downloads

Published

2023-11-01

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Elektro