Sistem Pemantauan Dan Keamanan Stasiun Cuaca Berbasis ThingSpeak (Jaringan Sensor)

Penulis

  • Yuke Violi Universitas Telkom
  • Angga Rusdinar Universitas Telkom
  • Denny Darlis Universitas Telkom

Abstrak

Pemantau cuaca secara berkala dan real time merupakan hal yang sangat informatif untuk diketahui, melihat banyak aspek penting yang menggunakan data cuaca untuk aspek tertentu, contohnya dalam sektor pertanian. Pengamatan unsur cuaca berupa suhu, tekanan udara dan intensitas cahaya juga sangat diperhatikan untuk mengamati perubahan ekosistem dari suatu daerah yang dimana unsur tersebut akan diangkat sebagai parameter stasiun cuaca kali ini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang alat monitoring weather station berbasis IoT dengan parameter yang diuji yaitu suhu dan kelembaban, intensitas cahaya, kecepatan angin, tekanan udara, arah angin, curah hujan dan energi matahari dengan menggunakan modul GSM SIM900A sebagai komunikasi data dari weather station ke platform IoT. Pada penelitian ini berhasil diimplementasikan komunikasi data menggunakan modul SIM900A. Data yang dikirimkan adalah data dari beberapa sensor Weather Station ke platform IoT Thingspeak dan ditampilkan dalam bentuk grafik sepanjang waktu tertentu ke ThingView sebagai User Interfacenya. Pada sistem keamanan, status pintu dan solar panel juga dikirim menggunakan SMS dengan waktu tunda pengiriman selama 1 detik ke nomor telepon untuk memastikan baterai dan panel surya masih terpasang dengan baik. Dari hasil penelitian telah ditampilkan 10 grafik pemantauan sensor dan status keamanan stasiun cuaca yang bekerja relatif stabil dari pengujian selama beberapa hari.

Kata kunci— weather station, cuaca, pertanian, internet of things, thingspeak.

Referensi

P. Studi, T. Elektronika, J. T. Elektro, and P. N. Batam,

Cuaca Berbasis Web= 2014.

Arifin, M. A. S., & Zulius, A. (2018). Perancangan Sistem Weather station Menggunakan Mikrokontroler Atmega 328p Berbasis Website Dan Android Sebagai Media Monitoring Cuaca. Jasakom: Jurnal Sistem Komputer Musirawas, 3(2), 91-102.

Volume 16, N. 1. (2015). Pengaruh Perubahan Iklim Terhadap Produksi Pertanian Dan Strategi Adaptasi Pada Lahan Rawan Kekeringan. Ida Nurul Hidayati, Suryanto, 42-52.

Arifin, M. A. S., & Zulius, A. (2018). Perancangan Sistem Weather station Menggunakan Mikrokontroler Atmega 328p Berbasis Website Dan Android Sebagai Media Monitoring Cuaca. Jasikom: Jurnal Sistem Komputer Musirawas, 3(2), 91-102.

R. Teymourzadeh, S. A. Ahmed, K. W. Chan, and M. V. Hoong

Rahajoeningroem Ivan Heru Saputra, T. (2017). Sistem Monitoring Cuaca Dan Deteksi Banjir Pada Android Berbasis Internet Of Things (Iot). Prosiding Saintiks Ftik Unikom, 2.

Abdul Haris Maulana.2020

/12/10/1747001 7 6/Apa-Pengaruh-Suhu-PadaPertumbuhan-Tanaman-? (Accessed Feb. 5, 2020)

(Accessed Mar. 11, 2022).

Setyawan, A. B. (2018). Sistem Monitoring Kelembaban Tanah, Kelembaban Udara, dan Suhu pada Lahan Pertanian Menggunakan Protokol MQTT(Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Rahajoeningroem Ivan Heru Saputra, T. (2017). Sistem Monitoring Cuaca Dan Deteksi Banjir Pada Android Berbasis Internet Of Things (Iot). Prosiding Saintiks

Ftik Unikom, 2.

=Pengaruh Kelembaban Udara Terhadap Tanaman= Https://Kajianperkebunan.Wordpress.Com/PengaruhKelembaban-Udara- Terhadap-Tanaman/ (Accessed Mar. 11, 2022).

Gamadika, Y. N. (2019). Peran Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Mas Semarang Dalam Mengirimkan Informasi Cuaca Dan Gelombang Pada Radio Pantai Karya Tulis.

Maghfiroh, Jazilatul. "Pengaruh intensitas cahaya terhadap pertumbuhan tanaman." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Biologi Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta. 2017.

Girsang, G., Hapsar, G. I., & Suchendra, D. R. (2021).Rancang Bangun Prototipe Pengukuran Kecepatan Angin Dan Arah Angin. Proceedings of AppliedScience, 7(6).

Rahajoeningroem Ivan Heru Saputra, T. (2017). Sistem Monitoring Cuaca dan Deteksi Banjir pada Android.

Berbasis Internet of Things (IoT). Prosiding SAINTIKS FTIK UNIKOM, 2.

Anuar, A. F. A., & Karyati, K. (2019). Karakteristik Iklim Mikro Di Bawah Tegakan Sengon-Kacang Panjang Dan Jabon-Buncis. Ulin: Jurnal Hutan Tropis,

(2), 70-77.

Permana, R. G. (2015). Perancangan Dan Pengujian Penakar Hujan Tipe Tipping Bucket Dengan Sensor Photo-Interrupter Berbasis Arduino. Inovasi Fisika Indonesia, 4(3).

Dewi, N. K. (2005). Kesesuaian iklim terhadap pertumbuhan tanaman the climate suitability for plant's growth. Mediagro, 1(2).

Nugroho, A. W. (2015). Rancang Bangun Mesin PC Based CNC Milling Tiga Sumbu (Sistem Kontrol dan Analisa Torsi Motor Stepper).

D. O. Akinyele and R. K. Rayudu,

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-01

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Elektro