Pengembangan Application Programming Interfaces Aplikasi Geo Social Commerce Dengan Metode Iterative Dan Incremental

Authors

  • Ainu Faisal Pambudy Telkom University
  • Soni Fajar Surya Gumilang Telkom University
  • Muhammad Azani Hasibuan Telkom University

Abstract

Abstrak

Era perkembangan dunia digital dan Internet memberikan dampak yang besar untuk masyarakat. Internet merupakan sarana untuk menyediakan pencarian barang dan jasa sesuai kebutuhan. Berdasarkan survey yang telah dilakukan terhadap 395 koresponden yang aktif pada forum jual beli online di Indonesia, 71% koresponden mengalami kesulitan mencari barang atau jasa yang dibutuhkan. Di sisi lain 62% penjual mengaku pernah mengalami kesulitan mempromosikan produk atau jasa.

Marketspot merupakan sebuah solusi Geo Social Commerce yang eklusif di mobile phone untuk membantu penjual bertemu dengan customer di sekelilingnya. Hal tersebut dilakukan dengan cara menampilkan customer yang membutuhkan yang ditampilkan pada sebuah peta, sehingga penjual dan pembeli dapat langsung berinteraksi. Solusi ini menggabungkan unsur social dan e-commerce yang berbasis Geographic Information System (GIS). Pengembangan aplikasi social commerce berbasis GIS dilakukan dengan metode iterative dan incremental. Pengembangan aplikasi dengan metode ini dilakukan dengan menggunakan beberapa iterasi dalam mengembangkan fiturnya. Tujuan dari iterasi ini adalah untuk memberikan perbaikan terhadap fitur yang sudah ada atau untuk menambah fitur baru.

Hasil akhir dari penelitian ini adalah Application Programming Interfaces (API) dan versi website. API dan website dibuat berbasis PHP dengan framework Laravel 5. API yang dibuat di sini menghasilkan data dalam bentuk JSON.
Kata Kunci : API, penjual, website, social commerce, iterative, incremental.

Downloads

Published

2015-08-01

Issue

Section

Program Studi S1 Sistem Informasi