Analisis Kelayakan Pengembangan Usaha Cv. Arga Konveksi Di Kota Depok, Ditinjau Dari Aspek Pasar, Aspek Teknis, Dan Aspek Finansial

Siti Hadijah, Endang Chumaidiyah, Atya Nur Aisha

Abstract

CV. Arga Konveksi merupakan sebuah usaha konveksi menengah yang beralamat di Jl. Pekapuran RT. 02 RW 02 , Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. CV.Arga berdiri sejak  tahun  2001  dengan  melakukan  produksi  berdasarkan pesanan   dan   telah   mengalami   peningkatan   pendapatan. Kebutuhan pakaian yang terus meningkat, peningkatan pendapatan,   kapasitas   produksi   perusahaan   yang   masih tersedia menimbulkan keinginan pemilik untuk melakukan pengembangan usaha, dalam hal ini melakukan pendirian toko di  kota  Depok.  Analisis  kelayakan  usaha  perlu  dilakukan untuk melihat peluang kelayakan pengembangan usaha. Pengumpulan dan perhitungan data dengan rating factors dilakukan untuk menentukan lokasi toko yang kemudian ditentukan di kecamatan   Beji. Hasil   pengolahan   data kuisioner   yang   telah   disebar   diketahui   persentase   pasar potensial    kemeja   wanita   sebesar   31.36%,    dress/terusan 31.36%, kaos wanita 30.62%, celana wanita 31.36%, kemeja pria 35.56%, kaos pria 35.56%, celana pria 35.56%, dan jaket pria  34.57%.  Pasar  tersedia  untuk  kemeja  wanita  sebesar 91.34%,  90.55%  untuk  dress,  96.77%  untuk  kaos  wanita, 96.85%  untuk  celana  wanita,  96.53%  untuk  kemeja  pria, 95.14% untuk kaos pria, 98.61% untuk celana pria, 93.57% untuk produk jaket pria. Persentase ini merupakan persentase terhadap pasar potensial. Pasar sasaranperusahaan ditentukan  sebesar  1.2%  dari   pasar  tersedia,   dan  pasar sasaran toko sebesar 6% dari pasar sasaran perusahaan. Pengeluaran  pada  aspek  finansial,  seperti  kebutuhan  dana investasi,  perkiraan  pendapatan,  biaya  operasional,  income state, cashflow dan balance sheet yang digunakan untuk menghitung Pay Back Period (PBP), Net Present Value (NPV) dan Internal Rate of Return (IRR) dengan  periode investasi 5 tahun. 

Dari hasil perhitungan nilai tingkat investasi diperoleh nilai NPV sebesar 1,07 miliar rupiah, IRR = 29,13% dan PBP = 2.66 tahun. Pengembangan usaha pendirian toko oleh CV. Arga Konveksi dikatakan layak, karena nilai IRR yang diperoleh lebih besar dari nilai MARR , NPV bernilai positif, dan PBP lebih singkat dari masa investasi.

Kata kunci :Analisis Kelayakan, NPV, IRR, PBP, CV. Arga Konveksi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0