Perancangan Knowledge Management System Untuk Seleksi Mahasiswa Baru Di Universitas Telkom Menggunakan Aplikasi Mobile Berbasis Android Dengan Metode Iterative Incremental

Putu Puspitha Saraswati, Luciana Andrawina, Faisal Mufied Al-Anshary

Abstract

Abstrak Seleksi Mahasiswa Baru (SMB) Universitas Telkom merupakan program untuk menyaring calon mahasiswa baru yang diadakan setiap tahunnya oleh Universitas Telkom. SMB Universitas Telkom adalah program kerja utama dari Divisi Marketing Universitas Telkom dibawah pengawasan Direktorat Admisi. Dalam proses pelaksanaan SMB Universitas Telkom ada beberapa stakeholder yang berkepentingan yaitu Divisi Marketing Universitas Telkom sebagai stakeholder yang terlibat langsung, kemudian Prodi sebagai stakeholder yang tidak terlibat langsung dan Direktorat Admisi sebagai pemantau proses pelaksanaan. Oleh karena itu diperlukan komunikasi dan sharing antara semua stakeholder karena seluruh stakeholder mempunyai pengaruh untuk menjaga Universitas Telkom mempertahankan nama dan mencetak lulusan yang berkualitas dan berprestasi.

Dalam perancangannya, Metode Iterative Incremental dipilih karena dinilai sesuai memecahkan permasalahan yang ada dalam proses pelaksanaan SMB Universitas Telkom karena dilakukan dengan beberapa tahap pengerjaan yang terkait dengan waktu. Dengan menggunakan model tersebut dilakukan pengerjaan task secara bersamaan, desain dan implementasi dikerjakan secara bersamaan dengan me mudahkan developer mengatasi perubahaan yang diberikan user. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi mobile berbasis android dengan konsep knowledge management system. Dalam aplikasi mobile ini user lebih mudah berdiskusi dengan stakeholder lainnya secara efektif dan efisien sehingga terjadi pertukaran knowledge sharing antar individu dengan cepat sehingga kedepannya dapat menyempurnakan proses pelaksanaan SMB Universitas Telkom. Saran untuk penelitian selanjutnya agar mengembangkan fitur-fitur yang lebih baik lagi pada aplikasi mobile berbasis android untuk memudahkan user melakukan proses knowledge sharing dengan efektif dan efisien.


Kata kunci : Knowledge Sharing, Metode Iterative Incremental, Aplikasi Mobile berbasis Android

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0