Perancangan Dan Implementasi Efek Gitar Looper Berbasis Mikrokontroler

Dami Mahardiwana, Fiky Yosef Suratman, Ig Prasetya Dwi Wibawa

Abstract

Gitar adalah alat musik yang sangat populer di seluruh dunia. Dapat kita temui berbagai kalangan mengenal dan memainkan alat musik ini. Untuk menghasilkan suara yang lebih menarik, dibuatlah efek gitar. Salah satu fungsi dari efek gitar adalah sebagai looper, dimana frase permainan gitar dapat disimpan dan diputarkan kembali secara berulang lalu digabungkan dengan frase permainan gitar lainnya sehingga menjadi permainan gitar yang harmonis.

Maka pada tugas akhir kali ini, dirancang sebuah efek gitar berbasis mikrokontroler yang didukung beberapa komponen, yang berfungsi sebagai pengontrol software looper, sehingga dapat menjalankan proses looper di dalam PC dalam bentuk sinyal digital. Kabel jack digunakan sebagai input yang berfungsi sebagai pengantar sinyal masuk dan speaker sebagai output yang berfungsi sebagai pengeluar suara. Proses perancangan berfokus pada pengintrolan sistem looping yang mampu menyimpan suara dan memutar ulang dengan baik, dalam hal ini adalah sinyal dari petikan dawai gitar, sehingga menghasilkan performansi sesuai efek gitar pada umumnya.

Dalam perancangan ini, telah terbuat alat yang mampu mengontrol sistem looping. Dengan sebuah arduino yang terhubung dengan sebuah pedal shield. Diharapkan dari implementasi sistem ini, akan menghasilkan efek gitar yang mampu berjalan secara real-time dengan process time dan noise yang kecil. Dari hasil pengujian didapat process time terkecil adalah 1 ms pada saat pengambilan sample sebanyak 64 samples setiap 1/11025 detik dan process time terbesar adalah 377 ms ketika pengambilan sample sebanyak 2048 samples setiap 1/192000 detik. Kata Kunci : Gitar, real-time, looping, kabel jack, efek gitar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0