Analisis Dan Perancangan Itsm Domain Service Operation Pada Layanan Akademik Institut Pemerintahan Dalam Negeri (ipdn) Dengan Menggunakan Framework Itil Versi 3

Aridha Meitya Arifin, Murahartawaty Murahartawaty, Ridha Hanafi

Abstract

Abstrak IPDN sebagai lembaga pendidikan diharapkan dapat mengikuti perkembangan teknologi informasi (TI) untukmembangun sumber daya manusia yang berkualitas serta mensinergikan kekuatan sivitas akademika IPDN. Berdasarkan IT blueprint IPDN tahun 2015 – 2019, IPDN belum memisahkan antara tata kelola TI dari manajemen TI serta IPDN belum memiliki tata kelola TI dan manajemen TI yang memadai, hal tersebut semakin ditunjukkan nilai maturity level yang masih berada pada level 1-initial. Berdasarkan permasalahan tersebut, kemudian dilakukan analisis risiko dan analisis prioritas sehingga dilakukan perancangan manajemen terhadap dua proses dalam ITIL Versi 3 service operation yaitu manajemen insiden dan manajemen masalah. Hasil perancangan manajemen service operation ini adalah Standard OperatingProcedure (SOP) untuk manajemen insiden dan manajemen masalah. Dengan penelitian ini diharapkan dapat membantu IPDN dalam meningkatkan kapabilitas layanannya serta meningkatkan maturity level setidaknya menjadi level 3-defined.

Kata Kunci : ITIL Versi 3, service operation, maturity level, manajemen insiden, manajemen masalah, standard operating procedure.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :-1