Sistem Kontrol Dan Monitoring Supply Bahan Bakar Pada Mesin Incinerator Berbasis Iot

Authors

  • Muhammad Harun Al Rasyid Telkom University
  • Sony Sumaryo Telkom University
  • Agus Ganda Permana Telkom University

Abstract

Sampah merupakan sisa dari kegiatan seharihari manusia atau proses alam yang berbentuk padat. Pada saat ini, banyak masyarakat membakar sampah sembarangan dan mengakibatkan lingkungan disekitar area pembakaran menjadi tercemar. Proses pembakaran limbah sampah semestinya menggunakan mesin incinerator. Salah satu permasalahan pada proses pembakaran limbah sampah yang sering terjadi yaitu hasil pembakaran tidak sempurna dan masih banyak mengeluarkan asap yang mengakibatkan lingkungan tercemar. Mesin Incinerator adalah mesin pembakaran limbah sampah optimal dan meminimalisir asap hasil pembakaran yang menggunakan bahan bakar air. Pengisian bahan bakar air biasanya dilakukan manual oleh pengguna. Pada penelitian ini, akan dibuat sistem kontrol pengisian bahan bakar air untuk mesin incinerator. Sistem kontrol bahan bakar air nantinya akan membuka dan menutup keran air secara otomatis. Jika pada tabung penampungan bahan bakar sudah mencapai 40% keran air akan otomatis terbuka dan mengisi tabung bahan bakar sampai volume mencapai 85% dan otomatis menutup keran air Kembali.

Kata kunci— Mesin Incinerator, bahan bakar air

References

Ardi Dwi Praasetiono,

INCINERATOR UNTUK PENGOLAHAN LIMBAH

PADAT RUMAH SAKIT TANPA MENGGUNAKAN

BAHAN BAKAR MINYAK DAN GAS, hlm. 1-3.

A. Lasmana dkk.,

Sampah ( Incinerator ) Dengan Burner Oli Bekas

(1),= 2021.

Gas, Ketahui Berbagai Contohnya.=

https://www.merdeka.com/jateng/evaporasi-adalahproses-perubahan-air-menjadi-gas-ketahui-berbagaicontonya-kln.html (diakses 1 Agustus 2023).

<_Cara kerja dan Karakteristik Sensor Ultrasonic HC

SR04 - Andalan Elektro.=

https://www.andalanelektro.id/2018/09/cara-kerjadan-karakteristik-sensor-ultrasonichcsr04.html?m=1 (diakses 1 Agustus 2023).

Downloads

Published

2024-02-29

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Elektro