Analisis Dan Rancangan Ulang Sistem Perpindahan Material Di Pt Dwi Indah Menggunakan Material Handling General Analysis Procedure

Oka Sutarto Putra, Muhammad Iqbal, Devi Pratami

Abstract

PT Dwi Indah merupakan perusahaan yang ahli di bidang manufaktur dan pengekspor LLDPE Stretch Film dan Pallet Wrapping. PT Dwi Indah memiliki dua divisi yaitu, divisi core paper yang memproduksi core dan divisi strecth film yang memproduksi LLDPE strecth film paper dengan berbagai macam ukuran. Keberagaman produk yang dihasilkan tersebut berdampak pada aliran material dan jarak tempuh yang dilalui material handling equipment tidak efisien karena backtracking yang terjadi dapat memperpanjang jarak tempuh material handling equipment. Selain itu unit load yang tidak optimal berakibat pada tingginya frekuensi perpindahan. Kedua permasalahan tersebut akan berdampak kepada biaya yang dikeluarkan oleh PT Dwi Indah.

General Analysis Procedure merupakan pendekatan yang sistemastis dan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pada material handling yang dapat membantu menyusun ulang sistem perpindahan material yang kompleks dan mengarahkan pada usulan yang tepat.

Perancangan ulang material handling system ini menghasilkan jarak perpindahan antar mesin dan MHE usulan yaitu, forklift truck dan cargo lift menjadi reach truck dan hand pallet jack menjadi electric pallet truck sehingga total biaya MHE yang dikeluarkan mengalami penurunan sebesar 29,49%. Peningkatan unit load mencapai 50% dengan reach truck, electric pallet truck sebesar 11%-19%, dan forklift truck B 50%.

Kata Kunci: material handling system, general analysis procedure, backtracking, unit load, MHE

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0