Penerapan Sistem Sales Management Dan Warehouse Management Pada Umkm Konveksi Rajutan Berbasis Openerp Dengan Metode Sure Step

Pradito Setiadi, Irfan Darmawan, R. Wahjoe Witjaksono

Abstract

Abstrak ERP (Enterprise Resources Planning) merupakan sistem yang mengitegrasikan fungsi-fungsi dalam sebuah proses bisnis perusahaan. Perusahaan yang dibahas pada penelitian ini merupakan perusahaan UMKM konveksi rajutan dengan nama Aza Collection. Didalam aplikasi ERP terdapat modul-modul yang dapat membantu merencanakan sumber daya perusahaan agar berjalan secara efektif dan efisien karena, sistem ini dapat mengelola beberapa sektor sumber daya perusahaan seperti keuangan, sumber daya manusia, produksi, dan logistik. Salah satu aplikasi ERP yang bersifat open source adalah OpenERP dimana aplikasi ini mempunyai 3527 modul yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Modul OpenERP yang digunakan pada penelitian ini ialah modul sales dan warehouse.

Permasalahan yang terdapat pada perusahaan ini terletak pada bagian penjualan, karena bagian penjualan ini tidak dapat memastikan jumlah produk tersedia di waktu yang tepat dan pada lokasi yang tepat sehingga, berdampak pada kepercayaan pelanggan yang mengakibatkan penurunan penjualan. Masalah lainnya terletak pada bagian gudang yang tidak dapat mendapatkan informasi yang tepat, cepat, dan mudah mengenai persediaan barang jadi di gudang sehingga, mengakibatkan perusahaan tidak dapat memastikan kepada pelanggan secara tepat kapan barang dapat didistribusikan.

Metode yang digunakan untuk penerapan OpenERP di perusahaan ini ialah sure step methodology karena, metode ini mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan metode lain. Penerapan OpenERP ini bertujuan untuk menjawab permasalahan di bagian penjualan dan gudang.

Kata kunci: ERP, OpenERP, Sales, Sure Step, UMKM, Warehouse

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0