Rancangan Usulan Alokasi Penyimpanan Dan Proses Replenishment Menggunakan Metode Fsn Analysis Dan Kanban Card Pada Bin Dan Pigeonhole Di Rak Apotek Rumah Sakit Xyz

Maya Putri Arumsari, Dida Diah Damayanti, Budi Santosa

Abstract

Rumah sakit xyz memiliki sebuah tujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang kesehatan. Rumah sakit xyz memiliki dua tempat untuk menyimpan obat yaitu gudang obat dan apotek. Kondisi gudang obat mengalami overstock tetapi kondisi apotek masih mengalami kekurangan obat dalam pemenuhan permintaan pasien.
Metode yang digunakan untuk penelitin ini adalah FSN Analysis dan Kanban Card. FSN Analysis digunakan untuk mengetahui aliran dari suatu produk dilihat berdasarkan consumption rate dan average stay. Kanban card digunakan untuk membantu dalam memberikan informasi sebagai media dalam proses replenishment. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa penyimpanan obat di rak apotek dibuat sesuai dengan kategori dari masing masing obat sehingga tidak ada obat yang akan tercampur dalam satu pigeonhole/bin di rak apotek dan dapat menurunkan lost sales dan meningkatkan penjualan.
Kata kunci : Alokasi Penyimpanan, Replenishment, FSN Analysis, Kanban Card

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :-1